alexametrics
Liga 1 2019

Kapten Ruben Sanadi Berkontribusi Meski sebagai Pemain Pengganti

22 Desember 2019, 08:00:51 WIB

JawaPos.com – Posisi bek kiri Persebaya Surabaya selalu menjadi milik Ruben Sanadi. Pemain 32 tahun itu nyaris tak tergantikan. Jika tidak cedera atau akumulasi, kapten Persebaya tersebut selalu menjadi pilihan utama.

Namun, hal itu tak terlihat dalam dua laga pemungkas. Posisi bek kiri ditempati Rachmat ”Rian” Irianto. Bahkan, ban kapten melingkar di tangan putra asisten pelatih Bejo Sugiantoro tersebut.

Persebaya Surabaya

Absennya Ruben membuat serangan di sisi kiri mati. Itu terlihat pada laga kemarin. Mantan pemain Persipura Jayapura tersebut kemudian dimasukkan pada menit ke-68. Saat itu Persebaya tertinggal 0-1. Masuknya Ruben membuat Persebaya kian agresif. Gol penentu kemenangan Green Force –julukan Persebaya– yang dicetak David da Silva pada menit ke-85 juga merupakan kontribusi Ruben. Dia menusuk dari sisi kiri sebelum melepaskan umpan lambung yang ditanduk menjadi gol oleh David da Silva.

Lantas, apa yang membuat Ruben selalu ditepikan? ”Ruben sedang tidak fit. Kalau saya paksakan tampil sebagai starter, takutnya 30 menit saja sudah habis dia. Makanya, Rian saya paksa jadi bek kiri,” tegas pelatih Persebaya Aji Santoso.

Hal itu pula yang terjadi saat melawan Persija Jakarta (17/12). Ruben sejatinya sudah disiapkan sebagai pemain inti. Dia bahkan melakukan sesi preskon sehari sebelum laga. Ternyata, menjelang laga, dia mengalami diare. ”Saya lihat, wajahnya sampai kurus. Dia tidak fit. Makanya, saya tidak mainkan saat itu,” jelasnya.

Aji bersyukur keputusannya untuk memasukkan Ruben berbuah manis. Sebab, suplai bola dari kiri terus mengalir. Selain kukuh untuk menjaga lini pertahanan, Ruben rajin membantu serangan. ”Dengan masuknya Ruben, kami lebih mendominasi laga. Dia juga bisa memberikan akses umpan yang bagus kepada David da Silva,” terang pelatih yang juga mantan bek kiri Persebaya tersebut.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/bas


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads