Pertemuan yang Membawa Angin Segar bagi Kelanjutan Kompetisi Liga 1

22 November 2022, 16:36:22 WIB

JawaPos.com-Pertemuan jajaran direksi dan komisaris PT Liga Indonesia Baru (LIB) dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di gedung Kemenpora Jumat (18/11) lalu membawa angin segar bagi kelanjutan kompetisi Liga 1.

Setelah pertemuan itu, akan ada rapat koordinasi (rakor) antara PT LIB dengan seluruh pihak terkait untuk membahas teknis penyelenggaraan kompetisi pascatragedi Kanjuruhan.

Agenda rakor tersebut disampaikan Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus kemarin (21/11). Rencananya, rakor digelar pekan ini. Namun, terkait waktu detailnya, mantan direktur olahraga Persija Jakarta tersebut belum bisa menjawab secara pasti.

”Pasti minggu ini. Kami juga sudah menunggu,” ujar Ferry kepada Jawa Pos melalui pesan singkat.

PT LIB sudah punya banyak agenda yang harus dijalankan sebelum kembali memutar roda kompetisi. Salah satunya, melakukan uji coba penerapan regulasi dan standard operating procedure (SOP) baru hasil garapan tim task force transformasi sepak bola Indonesia.

Sebelum PT LIB menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB), uji coba SOP dan regulasi baru tadinya akan dilihat di tiga pertandingan tunda Liga 1.

Yakni, pertandingan Barito Putera versus PSM Makassar, PSIS Semarang melawan Bhayangkara FC, dan Persib Bandung kontra Persija Jakarta. Fase uji coba itu dijadwalkan digelar pada 18–20 November.

Namun, waktu pelaksanaan uji coba itu akhirnya direvisi seiring dengan mundurnya rencana lanjutan Liga 1. Lalu, soal penjadwalan ulang uji coba regulasi baru, Ferry belum dapat berspekulasi. ”Yang pasti, PT LIB harus menunggu rakor dulu,” tegas pengusaha asal Manado, Sulawesi Utara, tersebut.

Ferry menerangkan, rakor yang bakal digelar pekan ini sangat penting. Sebab, ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum kembali menjalankan kompetisi.

”Kickoff Liga 1 kali ini berkaitan dengan PUPR, security, dan regulasi. Ada pendalaman yang serius dan ketat. Makanya, kami akan jadwalkan workshop untuk mengimplementasikan regulasi security yang baru,” ungkap mantan ketua Pengurus Daerah (Pengda) PSSI DKI Jakarta tersebut.

Komisaris Utama PT LIB Juni Rahman menambahkan, workshop regulasi security dan SOP baru akan disosialisasikan kepada klub-klub Liga 1 pekan ini. Tapi, Juni belum dapat menyebutkan waktunya.

”Insya Allah minggu ini. Tapi, saya belum tahu tanggal pastinya. Saya sedang berada di luar kota,” tutur anggota Komisi Eksekutif PSSI itu kepada Jawa Pos melalui pesan singkat.

Setelah SOP dan regulasi baru disosialisasikan kepada seluruh klub, PT LIB akan menggelar uji coba di tiga pertandingan Liga 1. Juni berharap, saat pertandingan uji coba itu digelar, seluruh klub sudah memiliki persepsi yang sama dengan regulasi baru.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads