alexametrics
Liga 1 2019

Setelah Lawan Persipura di Tenggarong, Persebaya Langsung ke Batakan

22 November 2019, 17:00:28 WIB

JawaPos.com – Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi tempat yang akrab bagi Persebaya Surabaya. Setidaknya itulah yang terjadi dalam satu pekan mendatang. Sebab, Green Force –julukan Persebaya– akan melakoni dua laga sekaligus di wilayah tersebut.
Pertama adalah melawan Persipura Jayapura (24/11). Pertandingan itu bakal dihelat di Stadion Aji Imbut, Tenggarong. Setelah itu, skuad Green Force akan menjamu Semen Padang di Stadion Batakan, Balikpapan, pada Kamis (28/11).

’’Kami sedang pastikan untuk bisa main di Batakan. Memang, setelah lawan PSS (Sleman), belum ada sinyal positif untuk bermain di Gelora Bung Tomo,’’ kata Manajer Persebaya Candra Wahyudi.
Karena itu, tim tidak bakal kembali ke Surabaya. Setelah laga melawan Persipura di Tenggarong, skuad akan langsung bertolak ke Balikpapan. Manajemen sudah memikirkan matang-matang rencana tersebut. ’’Karena jeda waktu pertandingan kan hanya empat hari. Riskan kalau kami pulang ke Surabaya,’’ jelas Candra.

Apalagi, jarak dari Tenggarong ke Balikpapan tidak terlalu jauh. Hanya butuh tiga jam perjalanan darat. Jika Persebaya kembali ke Surabaya, waktu recovery bakal sangat minim.
Apalagi, skuad Green Force tengah menipis. Sederet pemain dipastikan absen. Otavio Dutra, M. Hidayat, Aryn Williams, dan Novan Sasongko terkena akumulasi kartu. Irfan Jaya sudah pasti ditinggal lantaran demam. Pemain 23 tahun itu bahkan masih absen dalam sesi latihan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, kemarin pagi. Belum lagi Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay yang masuk skuad timnas U-23.

Karena itu, pelatih Persebaya Aji Santoso memastikan membawa pemain U-20 dalam lawatan ke Tenggarong. Ada tiga pemain yang pasti dibawa. Mereka adalah Zulfikar Ahmad, Koko Ari Araya, dan M. Kemaluddin. ’’Kami bawa mereka karena jumlah pemain kami yang siap nggak sampai 18 orang,’’ terang Aji.
Meski dibawa, kans ketiga pemain U-20 untuk tampil sebagai starter cukup berat. Sebab, mereka sama sekali belum pernah bermain bagi skuad Green Force. Hanya M. Supriadi pemain U-20 yang pernah merumput. Dia sudah turun dalam dua pertandingan bersama Persebaya di Liga 1.

’’Kalau lihat dari latihan, tampaknya mereka memang bukan starter. Tapi, lihat saja nanti,’’ tutur pelatih 49 tahun tersebut.

Untungnya, kondisi fisik pemain cukup oke. Aji pun tidak memberikan porsi latihan berat kemarin. Latihan bahkan hanya berlangsung sejam. Sebab, Aji ingin menjaga kondisi pemain tetap bugar. ’’Karena besok kami berangkat dan tidak ada latihan. Jadi, lebih ke conditioning saja agar kondisi anak-anak cukup bagus saat laga,’’ tandasnya

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : Gus

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads