JawaPos Radar | Iklan Jitu

Liga 1 2018

Prediksi Persebaya vs Mitra Kukar: Tergantung Kesolidan Lini Belakang

22 September 2018, 05:15:59 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Persebaya Surabaya, Mitra Kukar, Liga 1 2018
Persebaya Surabaya merindukan kemenangan di Gelora Bung Tomo. Syaratnya, lini belakang mereka harus solid (Official Persebaya)
Share this

JawaPos.com – Lini belakang akan menjadi penentu nasib Persebaya Surabaya saat menjamu Mitra Kukar, Sabtu (22/9) malam WIB di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Jika para bek Persebaya masih bertingkah bak seorang pelawak lapangan hijau, maka mereka harus siap-siap kehilangan poin penuh kembali.

Persebaya tak ubahnya Liverpool pada kompetisi Liga Inggris musim lalu. Tajam di depan namun bobrok di belakang. Persebaya boleh jemawa karena mereka adalah salah satu tim paling produktif di Liga 1 2018. Namun Persebaya sepatutnya sadar bahwa mereka memiliki lini belakang yang sangat buruk.

Persebaya telah kebobolan lima gol dalam dua pertandingan terakhir. Secara keseluruhan, gawang yang dikawal Miswar Saputra telah kecolongan 35 gol. Persebaya menempati posisi keempat pada ranking tim dengan pertahanan terburuk di kompetisi Liga 1 musim ini.

Persebaya Surabaya, Mitra Kukar, Liga 1 2018
Mitra Kukar berharap bisa pecah telur menang di kandang lawan (Donny Aditya/Kaltim Post)

"Lini belakang yang menjadi sorotan dan bahan evaluasi kami. Itu sudah kami sentuh dan kami sudah melakukan perbaikan di lini belakang. Baik secara taktik maupun mental. Mudah-mudahan tidak terulang lagi," ungkap Djadjang Nurdjaman menjawab pertanyaan JawaPos.com, Jumat (21/9) siang WIB.

Lini belakang Persebaya harus ekstrawaspada saat menjamu Mitra Kukar. Sebab skuad asuhan Rahmad Darmawan itu memiliki top skorer sementara Liga 1 2018, Fernando Rodriguez Ortega. Mantan striker Sevilla tersebut telah mencetak 15 gol bersama Naga Mekes - julukan Mitra Kukar.

Selain Fernando, Persebaya harus mewaspadai pemain sayap Mitra Kukar yakni Hendra Adi Bayauw dan Dedi Hartono. Dedi memiliki pengaruh besar ke tim Mitra Kukar. Eks penggawa Barito Putera itu telah mencetak sembilan assists. Bersama Rizky Pora, Dedi menjadi raja asists musim ini.

Selain sektor sayap, lapangan tengah Mitra Kukar juga berisi pemain-pemain top. Ada duo Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Bayu Pradana dan Septian David Maulana. Mitra Kukar juga diperkuat bekas penggawa Liverpool, Danny Guthrie. "Mereka memiliki materi pemain yang cukup bagus dan mumpuni," sanjung Djadjang.

Meski menghadapi tim kuat, Djanur - sapaan akrab Djadjang, cukup yakin Persebaya bisa meraup poin penuh. Apalagi Green Force akan bermain di kandang sendiri. "Kami ingin mengamankan semua pertandingan kandang. Kalau kami ingin mendapatkan tiga poin, kami harus bekerja keras," tegasnya.

Sementara, itu Mitra Kukar adalah tim dengan rekor tandang yang buruk. Dari total sepuluh pertandingan tandang musim ini, Mitra Kukar hanya meraup dua angka dari dua laga imbang melawan Arema FC dan PS TIRA. Walaupun sudah menunjuk Rahmad Darmawan sebagai nakhoda anyar, rekor tandang Mitra Kukar belum berubah.

"Mitra Kukar belum pernah menang di partai tandang. Kami baru dua kali seri di partai tandang, selebihnya kalah. Ini menjadi motivasi sekaligus tantangan buat saya secara pribadi," ucap RD - sapaan akrab Rahmad Darmawan menjawab pertanyaan JawaPos.com.

RD sendiri punya kenangan manis di Stadion GBT. Dia pernah mengawal Sriwijaya FC mencuri satu poin dari sangkar buaya. Meski demikian, RD tidak menjadikan pertandingan itu sebagai patokan. Apalagi dia saat ini menjabat sebagai pelatih Mitra Kukar, bukan lagi Sriwijaya FC.

"Itu satu catatan saja buat saya. Pasti berbeda. Dari persiapan juga berbeda," imbuh eks arsitek Timnas U-23 Indonesia itu. RD berharap bisa membawa Mitra Kukar meraih kemenangan tandang pertamanya di Kota Pahlawan.

Rekor Pertemuan
29/04/18 Mitra Kukar 3-1 Persebaya
05/04/15 Persebaya 0-1 Mitra Kukar
30/10/14 Mitra Kukar 3-3 Persebaya
06/10/14 Persebaya 1-1 Mitra Kukar

5 Laga Kandang Terakhir Persebaya
Persebaya 1-0 Bali United
Persebaya 2-0 PSMS
Persebaya 3-4 Persib
Persebaya 3-1 Persela
Persebaya 0-2 PS TIRA

5 Laga Tandang Terakhir Mitra Kukar
PSIS 4-0 Mitra Kukar
Persela 3-1 Mitra Kukar
PS TIRA 0-0 Mitra Kukar
Borneo 3-2 Mitra Kukar
Madura United 2-0 Mitra Kukar

Perkiraan Susunan Pemain
Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra; Ruben Sanadi, OK John, Otavio Dutra, Irvan Febrianto; Rendi Irwan, Misbakus Solikin, Robertino Pugliara; Irfan Jaya, David Da Silva, Ferinando Pahabol
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Mitra Kukar (3-4-3): Yoo Jae Hoon; Saepulloh Maulana, Mauricio Leal, Bobby Satria, Wiganda Pradika, Danny Guthrie, Bayu Pradana, Septian David; Dedi Hartono, Fernando Rodriguez, Hendra Adi Bayaw
Pelatih: Rahmad Darmawan

Prediksi JawaPos.com
Persebaya Menang: 37%
Mitra Kukar Menang: 34%
Seri: 29%

(saf/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up