alexametrics
Liga 1 2019

Rachmat Irianto Bisa Paten di Posisi Gelandang Bertahan Persebaya

22 Juli 2019, 17:00:11 WIB

JawaPos.com – Bermain di posisi baru tidak membuat Rachmat ’’Rian’’ Irianto canggung. Ketika Persebaya Surabaya melawan Tira Persikabo (21/7) Rian dipasang sebagai gelandang bertahan. Di posisi barunya, pemain 19 tahun itu malah tampil moncer. Selain mencetak gol, dia apik dalam menjaga keseimbangan lini tengah.

Soal posisi baru, Rian sebenarnya sering melakoni hal tersebut. Tapi, bukan di Persebaya, melainkan di skuad timnas U-23. Karena itu, Rian mampu menjalankan tugas tersebut dengan baik.

Persebaya Surabaya

Pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman tahu potensi Rian. Karena itu, pelatih yang disapa Djanur tersebut tak ragu memasang Rian sebagai gelandang bertahan. Dalam dua latihan pemungkas, Rian juga sudah dijajal sebagai gelandang. ’’Jadi bukan ujug-ujug. Semuanya sudah melalui latihan,’’ terang pelatih 60 tahun tersebut.

Selain itu, sejatinya pemilihan Rian sebagai gelandang bertahan disebabkan stok amunisi yang pas-pasan. Jadwal yang cukup mepet membuat kondisi pemain tengah lainnya kurang oke. Akibatnya, Djanur harus merotasi posisi pemain untuk menjaga kondisi. ’’Pergeseran (posisi) pemain itu untuk mengatasi kelelahan,’’ tambahnya.

Karena penampilan moncernya, ada kans bagi Rian untuk tampil reguler sebagai gelandang jangkar. Apalagi, gelandang jangkar lain, Nelson Alom, juga belum sembuh dari cedera. ’’Dia (Rian) tampil cukup bagus. Jadi, tak tertutup kemungkinan saya kembali memainkannya sebagai gelandang bertahan ke depan,’’ tambah mantan pelatih Persib Bandung itu.

Meski performanya apik, Rian tak masuk dalam skuad timnas U-23. Bukan karena performanya buruk. ’’Sebenarnya dipanggil timnas. Tapi, saya butuh Rian sehingga bisa ditunda,’’ terang Djanur.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads