alexametrics

Hadapi Persis, Kondisi Pemain Persebaya Tak Ideal, Hanya 40 Persen

22 Mei 2022, 14:48:24 WIB

JawaPos.com-Laga bertajuk Surabaya 729 Game sebenarnya tak masuk dalam program persiapan Persebaya Surabaya menyongsong Liga 1 musim 2022–2023.

Bagi pelatih Persebaya Aji Santoso, sore nanti bukanlah waktu yang ideal untuk menjalani sebuah laga uji coba. Sebab, skuadnya baru saja melakukan persiapan. Kondisinya pun masih 40 persen.

Karena itu, Aji berharap Bonek dan penonton yang datang di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, sore nanti tidak berekspektasi tinggi. ”Harus sadar juga, ini uji coba pertama kami,” tuturnya.

Aji menjelaskan, pertandingan ini adalah salah satu rangkaian perayaan Hari Jadi Ke-729 Kota Pahlawan. ”Kami berharap permainan kami bisa membahagiakan Bonek. Apalagi, sudah dua tahun Bonek tidak datang di stadion menonton Persebaya,” ujarnya.

Nah, karena tidak dalam kondisi 100 persen, pria asal Malang itu sudah mengingatkan pemain untuk berhati-hati dalam bertanding. Aji tidak mau ada satu pun pemain yang cedera. Pemain harus bisa menjaga kondisi dan tidak terlalu memaksakan diri.

Uji coba melawan Persis Solo sore nanti juga dipakai sebagai sarana menguji kemampuan pemain. Karena itu, Aji akan mencoba memainkan 27 pemainnya plus lima pemain undangan sore nanti. ”Ya, agar pemain bisa merasakan atmosfer pertandingan,” katanya.

Bagi Aji, bisa merasakan kembali pertandingan dengan penonton dapat membantu membangun mental pemain. Khususnya pemain muda yang mayoritas menghuni skuad Persebaya musim ini.

”Saya katakan ke mereka, percuma bermain bagus kalau tidak ada yang nonton. Ini kesempatan untuk unjuk gigi, tapi tetap harus berhati-hati,” tuturnya.

Laga sore nanti juga akan jadi laga bersejarah bagi Alwi Slamat. Dia akan memakai ban kapten sejak menit awal. Pemain asal Tulehu itu akan memimpin rekan-rekannya, menggantikan peran Rendi Irwan dan Rachmat Irianto yang sudah keluar dari Persebaya.

Alwi mengaku bangga dengan jabatan kapten yang diberikan sore nanti. Meski itu hanya di laga uji coba. Dia akan memberikan yang terbaik. ”Mudah-mudahan bisa menjalankan instruksi pelatih dengan baik,” harapnya.

Pelatih Persis Jacksen F. Tiago sependapat dengan apa yang dikatakan Aji. Menurut dia, laga sore nanti memang tidak ideal. Apalagi, Laskar Sambernyawa (julukan Persis) baru saja menggelar latihan sepekan terakhir.

Jacksen pun terpaksa memboyong 31 pemain Persis. Hal tersebut diharapkan bisa mengurangi risiko cedera yang terjadi. ”Agar pemain juga bisa menjalin rasa kekeluargaan. Karena banyak pemain baru di skuad kami,” jelas dia.

Jacksen juga mengungkapkan, Persis akhirnya menerima ajakan uji coba Persebaya karena ingin jadi bagian dari sejarah sepak bola Indonesia. Sebab, sore nanti akan jadi laga pertama yang bisa dihadiri suporter.

”Apalagi untuk merayakan hari ulang tahun Surabaya. Kami ingin jadi bagian dari sejarah tersebut,” tegasnya.

PERKIRAAN PEMAIN

Persebaya Surabaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (g); Alta Ballah, M. Zaenuri, Leo Lelis, Koko Ari; Alwi Slamat (c), Dicky Kurniawan, M. Hidayat; Supriadi, Januar Eka, Ruy Arianto
Pelatih: Aji Santoso

Persis Solo (4-4-2): Gianluca Pandeynuwu (g); Eky Taufik (c), Fabiano Beltrame, Ikhwan Ciptady, Abduh Lestaluhu; C. Bhagascara, Taufiq Febrianto, Sutanto Tan, Arapenta Linka; Samsul Arif, Ferdinand Sinaga
Pelatih: Jacksen F. Tiago

Stadion Gelora Bung Tomo
Kickoff: Pukul 16.00 WIB

Editor : Ainur Rohman

Reporter : rid/c9/bas

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads