alexametrics
Liga 1 2020

Makan Konate: Hansamu dan Rian yang Pantas Jadi Kapten Persebaya

22 Februari 2020, 07:00:15 WIB

JawaPos.com – Makan Konate tidak hanya menjadi jenderal lapangan tengah Persebaya Surabaya. Dalam tiga pertandingan terakhir Persebaya di Piala Gubernur Jatim 2020, Konate juga tampil sebagai pemimpin di lapangan. Ban kapten selalu melingkar di lengannya.

Kepemimpinan gelandang asal Mali itu pun terbilang apik. Green Force –julukan Persebaya– diantarnya menahbiskan diri sebagai juara Piala Gubernur Jatim 2020. Meski begitu, Konate merasa ada pemain lain yang lebih pantas mengemban kepercayaan sebagai kapten kesebelasan.

Persebaya Surabaya

”Hansamu (Yama Pranata) dan Rian (sapaan Rachmat Irianto, Red) lebih pantas ditunjuk sebagai kapten saat kompetisi nanti,” nilai Konate. Saat gelandang 28 tahun tersebut ditunjuk sebagai kapten di tiga pertandingan, Hansamu dan Rian kebetulan memang sedang absen. Keduanya mengikuti pemusatan latihan tim nasional (timnas).

Di laga sebelumnya ban kapten memang disematkan kepada Rian. ”Kalau Hansamu dan Rian kembali, kapten lebih baik diberikan ke mereka,” tutur Konate. Dari penilaian mantan gelandang Persib Bandung tersebut, Hansamu dan Rian sangat tepat diberi tanggung jawab itu. Keduanya, menurut Konate, sangat dewasa di lapangan dan memiliki jiwa kepemimpinan.

Konate menilai seperti itu bukan tanpa alasan. Saat membela timnas, Hansamu maupun Rian pun acap kali diamanahi tanggung jawab sebagai kapten. Rian sebelumnya merupakan kapten timnas U-19. Sedangkan Hansamu pernah menjadi kapten kala timnas Indonesia dinakhodai Luis Milla.

Di luar keduanya, nama Rendi Irwan juga pantas menyandang ban kapten. Apalagi, Rendi merupakan pemain senior. ”Tapi, semua kembali ke pelatih. Kalau saya yang dijadikan kapten, saya siap. Saya sendiri tidak ada target untuk itu. Saya hanya ingin fokus membawa Persebaya meraih juara di kompetisi Liga 1,” papar Konate.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim/tom

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads