alexametrics
Liga 1 2020

Lupakan Prestasi Pramusim, Saatnya Persebaya Fokus ke Liga 1

22 Februari 2020, 07:30:39 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya memang sedang bersukacita atas raihan gelar juara Piala Gubernur Jawa Timur 2020. Gelar tersebut sangat penting untuk mendongkrak motivasi penggawa Persebaya menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2020. Meski begitu, Green Force –julukan Persebaya– tak mau terlalu larut dalam euforia kemenangan di turnamen pramusim tersebut.

”Hari ini (kemarin, Red) euforia itu sudah berakhir,” tegas pelatih Persebaya Aji Santoso. Karena itu pula, kemarin pagi (21/2) para pemain Persebaya sudah bergelut dalam latihan. Meski, sore sebelumnya mereka berjibaku dalam laga final Piala Gubernur Jatim kontra Persija Jakarta. Latihan tetap digelar dengan durasi 1,5 jam seperti biasanya.

Persebaya Surabaya

Makan Konate dkk pun sangat antusias mengikuti latihan yang digelar di Lapangan SIER, Surabaya, tersebut. Tak tampak rasa lelah di raut wajah mereka. ”Dalam latihan tadi (kemarin), saya berbicara kepada pemain untuk segera fokus menghadapi Liga 1,” ungkap Aji.

Pergelaran Liga 1 memang sudah di depan mata. Sepekan lagi kompetisi sudah bergulir. Persebaya akan mengawali kompetisi dengan menjamu Persik Kediri di Gelora Bung Tomo Sabtu (29/2). Setelah itu, tim asal Kota Pahlawan tersebut harus melawat ke kandang Persija (7/3) yang baru saja mereka taklukkan pada partai puncak Piala Gubernur Jatim.

Awal yang tak akan mudah dilewati. Persik tentu akan memberikan perlawanan sengit. Macan Putih –julukan Persik– pasti ingin menunjukkan diri bahwa mereka pantas kembali berada di kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Sementara itu, Persija jelas ingin membalas kekalahan di final Piala Gubernur Jatim.

Dalam dua musim terakhir, Persebaya justru selalu mengalami kesulitan di awal-awal kompetisi. ”Dua hari, Sabtu dan Minggu, anak-anak kami liburkan agar fresh. Senin kami akan kerja keras lagi agar bisa mengawali kompetisi dengan baik sehingga nanti juga bisa finis dengan menggembirakan (juara),” ujar Aji.

Mantan pelatih Persela Lamongan itu sadar betul akan tantangan berat yang bakal dihadapi tim besutannya di awal kompetisi. Apalagi, permainan Persebaya juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya menyangkut barisan pertahanan. Sebab, selama menjalani laga pramusim, Persebaya selalu kebobolan di setiap pertandingan.

”Kami sudah petakan apa yang kurang. Itu yang segera kami perbaiki dalam waktu tersisa. Di sisi lain, kami sudah memiliki gambaran tentang calon-calon lawan kami,” jelas Aji.

Pelatih asal Malang itu menambahkan, pergelaran Piala Gubernur Jatim memberinya gambaran terang mengenai peta kekuatan kontestan Liga 1. Apalagi, selain Persebaya, ada enam peserta Liga 1 yang ambil bagian.

Aji sudah menganalisis enam lawannya tersebut. Dan, itu akan dijadikan bekal saat mengarungi kompetisi. ”Peserta Piala Gubernur Jatim setidaknya juga mempresentasikan kekuatan calon lawan yang lainnya. Persib, misalnya. Meski tidak ikut, kami yakin kekuatannya tidak jauh dari Persija,” paparnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim/tom

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads