alexametrics
Liga 1 2019

Skuad Persebaya Menipis, Pemain Muda Berpeluang Dapat Kesempatan

21 November 2019, 17:00:30 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya berada dalam masalah. Menjelang laga kontra Persipura Jayapura (24/11), mereka dilanda krisis winger. Hanya Elisa Basna, winger murni, yang tersisa dalam skuad Green Force –julukan Persebaya.

Osvaldo Haay memperkuat timnas U-23. Sementara itu, kondisi Irfan Jaya dan Oktafianus ”Ofan” Fernando kurang fit. Ofan tengah dibekap cedera. Dia masih berlatih secara terpisah. Sementara itu, Irfan masih demam. Pemain 23 tahun itu bahkan kembali absen dalam sesi latihan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, kemarin sore.

Persebaya Surabaya

Padahal, hari ini adalah sesi latihan pemungkas. Sebab, Jumat siang (22/11), skuad Green Force akan bertolak ke Tenggarong. Praktis, latihan hari ini menjadi penentuan siapa saja pemain yang dibawa. Termasuk Irfan dan Ofan. ”Keduanya belum fit. Makanya, saya dipusingkan dengan banyaknya pemain yang absen kali ini,” kata pelatih Persebaya Aji Santoso.

Jika kedua pemain absen, Aji sudah menyiapkan opsi. Diogo Campos yang berposisi asli sebagai gelandang serang akan diplot sebagai winger. Bagi Campos, posisi winger sudah tidak asing baginya. Dia sempat bermain sebagai winger dalam laga kontra PSM Makassar (14/11). Di laga itu, pemain asal Brasil tersebut mampu mencetak satu gol. Artinya, dia akan berduet dengan Basna di sisi lapangan.

Bukan hanya winger yang menipis. Posisi gelandang jangkar juga serupa. Itu tak terlepas dari absennya Aryn Williams dan M. Hidayat. Dua pemain itu harus menepi lantaran akumulasi kartu. Praktis, hanya Misbakus Solikin yang bisa bermain sebagai gelandang jangkar. Karena itu, Aji sudah menyiapkan pelapis bagi Misbakus.

M. Alwi Slamat yang sejatinya adalah gelandang serang akan disiapkan sebagai pelapis. ”Sebenarnya, masih ada Rendi (Irwan) atau Fandi (Eko Utomo). Tapi, tidak mungkin dua pemain itu saya pasang sebagai holding midfielder,” tambah mantan pelatih Persela Lamongan tersebut. Padahal, jika menilik statistik, performa Alwi kurang oke. Dari enam laga, dia hanya mencatatkan empat sapuan dan dua intersep.

Meski begitu, Aji percaya dengan anak asuhnya, termasuk pemain yang berusia di bawah 23 tahun. Green Force memang memiliki empat pemain jebolan tim junior U-20 yang masuk skuad senior. Mereka adalah M. Supriadi, Koko Ari Araya, M. Kemaluddin, dan Zulfikar Ahmad. Hanya Supriadi yang pernah diturunkan dalam dua laga. Sementara itu, tiga pemain lainnya belum pernah merumput.

Nah, kans melakoni debut terbuka lebar. Sebab, minimnya skuad membuat Aji memastikan akan membawa pemain muda. ”Saya sudah sampaikan kepada mereka. Siapa pun yang nanti dipasang, harus siap menghadapi Persipura. Ini adalah kesempatan yang bagus. Jadi, mereka harus tunjukkan kualitas,” terang pelatih 49 tahun tersebut.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads