alexametrics
Liga 1 2019

Arema FC Segera Susul Bali United di Bursa Saham

21 Juni 2019, 16:30:04 WIB

JawaPos.com – Bali United tak akan sendirian melantai di bursa saham. Kampiun Piala Presiden 2019 Arema FC berencana melakukan hal serupa. Manajemen Singo Edan –julukan Arema FC– bahkan sudah melakukan pertemuan dengan Bursa Efek Indonesia (BEI).

General Manager Arema FC Ruddy Widodo membenarkan kabar itu. Namun, impian Arema FC segera melantai di bursa saham belum bisa terwujud dalam waktu dekat. Sebab, proses menuju lantai bursa memang membutuhkan waktu. ’’Kami sudah diberi roadmap oleh BEI. Arema sudah berproses ke arah situ. Tapi, proses paling cepat (melantai ke bursa saham, Red) paling tidak enam bulan,’’ ungkapnya.

Ruddy yakin go public adalah opsi yang cukup tepat. Sebab, menurut dia, melantai di bursa saham akan sangat menguntungkan. ’’Memperkuat korporasi itu sendiri. Apa pun jenis perusahaannya,’’ tambahnya. Apalagi, pasar yang disasar sudah jelas, yakni sepak bola. ’’Jadi korporasi tak perlu presentasi njelimet kepada calon pemegang saham,’’ ujar Ruddy.

Meski begitu, Arema FC masih harus melengkapi segala persyaratan untuk bisa go public. Singo Edan memang melihat potensi besar. Namun, mereka tak mau terburu-buru menyiapkan segalanya. Sebab, Rudy ingin semua matang dulu. ’’Tidak ada deadline bagi Arema. Yang jelas, intinya, kami sudah bersiap ke arah situ (go public),’’ katanya.

Manajemen Singo Edan juga sudah punya opsi lain. Ruddy menjelaskan, ada kemungkinan pihaknya go public dengan menyertakan anak perusahaan yang lain. Sebab, perkembangan dalam dunia sepak bola dinilai sangat dinamis.

Apabila kondisi sepak bola Indonesia sedang kurang oke, praktis harga saham Arema FC bakal ikut turun. Dengan menyertakan anak perusahaan yang bergerak di bidang lain, para pemegang saham tak perlu khawatir jika kondisi sepak bola tengah memburuk.

Singo Edan tercatat sebagai tim milik PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi Indonesia (AABBI). Selain Arema FC, ada beberapa usaha lain yang dimiliki. ’’Kami masih punya academy dan store. Itu juga harus ikut dimasukkan kalau kami melantai di bursa saham,’’ tegas Ruddy.

Hal itu pula yang dilakukan Bali United. ’’Yang dijual di bursa saham bukan klubnya, tapi PT-nya,’’ tambahnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads