Sidoarjo Masuk Grup Ringan, Juara Bertahan Tuban dapat Lawan Berat

21 Mei 2022, 23:44:26 WIB

JawaPos.com-Drawing sepak bola Porprov Jatim dilakukan kemarin. Ada 16 tim yang terbagi dalam empat grup. Dua tim teratas otomatis lolos ke babak perempat final.

Sidoarjo jadi salah satu unggulan untuk langsung melenggang. Peraih perak di Porprov 2019 itu berada di grup D. Mereka akan bersaing dengan Kota Pasuruan, Kabupaten Mojokerto, dan Banyuwangi.

Secara komposisi pemain, Sidoarjo memang lebih unggul. Tapi, sang pelatih Istiko Hadi tidak mau jemawa.

Pria yang juga pelatih Persida Sidoarjo itu menganggap semua lawan berat. ’’Bagaimana ya? Saya anggap semua lawan itu merata. Kota Pasuruan itu ada mantan pemain saya yang saya tahu betul kualitasnya. Banyuwangi juga juara grup di pra-porprov kemarin. Secara hitung-hitungan, Kabupaten Mojokerto adalah lawan paling mudah. Tapi, kami tetap tidak mau meremehkan,’’ kata Istiko.

Sementara itu, Tuban sebagai juara bertahan akan mendapat lawan berat. Mereka berada di grup A bersama Lumajang, Kota Blitar, dan Lamongan. Biltar dan Lamongan lolos ke perempat final pada Porprov 2019.

Sementara itu, Lumajang adalah tuan rumah. Laga di grup A dan B memang akan dihelat di Stadion Semeru, Lumajang. Pertandingan grup C dan D berlangsung di Stadion Jember Sport Garden (JSG).

Bukan hanya sepak bola putra yang dihelat di porprov kali ini. Sepak bola putri yang sempat mati suri juga akan dipertandingkan. Total ada tujuh daerah yang ambil bagian. Mereka terbagi dalam dua grup.

Salah satu grup hanya berisi tiga tim. Sekretaris Asprov PSSI Jatim Dyan Puspito Rini memastikan kickoff sepak bola putra dan putri akan dimulai pada 17 Juni.

”Untuk sepak bola putra maupun putri, pertandingannya memang mendahului pelaksanaan porprov yang rencananya mulai dibuka pada 25 Juni,’’ kata perempuan yang akrab disapa Ririn itu.

Hal tersebut dilakukan karena sepak bola memiliki jadwal pertandingan yang cukup banyak. ’’Namun, final sepak bola putra dilaksanakan pada 3 Juli sebelum upacara penutupan,’’ tambah Ririn.

Nanti setelah fase grup tuntas, laga dilanjutkan ke babak perempat final. Babak delapan besar akan menggunakan sistem gugur dan dimulai pada 27 Juni di Stadion JSG, Jember.

Babak semifinal digelar pada 30 Juni di Stadion Semeru, kemudian perebutan tempat ketiga dan babak final digelar pada 3 Juli di venue yang sama.

Pembagian Grup Sepak Bola Putra
Grup A
1. Lumajang
2. Lamongan
3. Tuban
4. Kota Blitar

Grup B
1. Kab Malang
2. Bojonegoro
3. Kab Kediri
4. Surabaya

Grup C
1. Jember
2. Jombang
3. Pasuruan
4. Kota Malang

Grup D
1. Sidoarjo
2. Kota Pasuruan
3. Kab Mojokerto
4. Banyuwangi

Pembagian Grup Sepak Bola Putri

Grup A
1. Jember
2. Gresik
3. Kota Malang
4. Banyuwangi

Grup B
1. Lamongan
2. Bondowoso
3. Bojonegoro

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gus/c6/bas

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads