JawaPos Radar

Liga 1 2018

Prediksi Persipura vs Mitra Kukar: Ancaman dari Para Birthday Man

21/04/2018, 07:08 WIB | Editor: Agus Dwi W
mitra kukar
Pasukan Mitra Kukar bisa menjadi batu sandungan dari konsistensi Persipura Jayapura. (liga-indonesia.id)
Share this

JawaPos.com - Menjadi salah satu dari 2 tim yang belum pernah terkalahkah hingga memasuki pekan kelima Liga 1 2018 menjadi tantangan tersendiri bagi Persipura Jayapura. Kondisi ini seolah mengundang setiap tim yang akan berhadapan dengan mereka untuk segera menghentikan laju positif tersebut. Termasuk Mitra Kukar yang akan dihadapi di Stadion Mandala, Jayapura, Sabtu (21/4) pukul 13.30 WIB.

Sebagai tim yang berada di papan bawah, wajar kalau Mitra Kukar ingin medongkrak posisi mereka di klasemen sementara Liga 1. Meskipun hal itu harus dengan mencuri poin di kandang Persipura Jayapura.

Berkekuatan 19 pemain, Mitra Kukar memang tetap punya kesempatan mengganggu konsistensi tuan rumah. Meski pasti tidak mudah, kubu Naga Mekes memegang prinsip tidak ada yang tak mungkin di sepakbola.

persipura jayapura
Para pemain muda Persipura Jayapura makin padu dengan para pemain senior mereka. (Angger Bondan/Jawa Pos)

“Melawan Persipura adalah tidak mudah. Namun saya selalu tekankan pada pemain jika kami bertanding dengan motivasi tinggi dan disiplin, kami pasti bisa mendapat hasil yang baik,” ucap pelatih Rafael Berges Marin di laman resmi Liga.

Dari 19 pemain Naga Mekes yang diboyong ke Jayapura, ada dua orang yang tengah berulang tahun. Mereka adalah Danny Guthrie dan kapten tim Bayu Pradana. Guthrie berulang tahun pada 18 April, sementara Bayu satu hari setelahnya.

Keduanya tentu ingin 'meminta' kado ulang tahun dari Persipura yang sudah tentu berupa kemenangan. Guthrie yang pernah membela Blackburn Rovers itu bisa jadi punya motivasi lebih tinggi. Dia ingin menunjukkan kemampuan aslinya di hadapan pelatih dan manajemen Mitra Kukar.

Sebagai tim yang belum terkalahkan, kubu Persipura sudah menyadari tantangan di setiap pertandingan. Namun dengan perkembangan permainan yang ditunjukkan para pemain Mutiara Hitam, pelatih Peter Butler percaya skuad asuhannya akan memperpanjang catatan positif ini.

Terlebih, sejumlah pemain yang cedera sudah mulai sembuh. Kecuali Immanuel Wanggai, semua pemain Persipura bisa diturunkan saat menjamu Mitra Kukar. Termasuk Boaz Solossa yang pekan lalu sempat mengalami masalah kebugaran.

Selain itu, para pemain muda Persipura juga makin menunjukkan perkembangan yang positif. Mereka bisa lebih baik dalam bekerja sama dengan para pemain senior di tim Mutiara Hitam.

"Saya senang banyak pemain muda Persipura mulai padu. Mereka perlu diberi kesempatan dan motivasi, agar punya percaya diri yang tinggi kalau harus menggantikan pemain senior yang cedera," sebut Peter Butler.

Dengan semua bekal tersebut, Persipura bakal siap menerima tantangan dari Mitra Kukar. Terlebih dalam beberapa tahun terakhir Mitra Kukar sama sekali belum pernah meraih kemenangan dari Persipura. Konsistensi masih berlanjut.

Rekor Pertemuan
Total Pertemuan: 11
Persipura Menang: 9
Mitra Kukar Menang: 0
Imbang: 2

Di Kandang Persipura
Total Pertemuan: 5
Persipura Menang: 4
Mitra Kukar Menang: 1
Imbang: 0

5 Pertemuan Terakhir
13/10/17: Mitra Kukar 0-5 Persipura
03/07/17: Persipura 6-0 Mitra Kukar
15/02/17: Mitra Kukar 0-1 Persipura
07/12/16: Mitra Kukar 1-2 Persipura
14/08/16: Persipura 1-0 Mitra Kukar

5 Pertandingan Terakhir Persipura
14/04/18: Sriwijaya 2-2 Persipura
07/04/18: Persipura 2-0 PS Tira
31/03/18: Persipura 2-2 Barito Putera
24/03/18: Persipura 2-1 Persela
14/03/18: Persipura 3-1 Barito Putera

5 Pertandingan Terakhir Mitra Kukar
13/04/18: Mitra Kukar 3-1 Madura United
08/04/18: Persib 2-0 Mitra Kukar
02/04/18: Mitra Kukar 0-1 Borneo
24/03/18: Arema 2-2 Mitra Kukar
27/02/18: Arema 3-1 Mitra Kukar

Perkiraan Susunan Pemain
Persipura: Dede s, R Salampessy, Anis Tjoe, Andri Ibo, Tinus Pae, M Tahir, Louis Kabes, Mandowen, Ronaldo Wanma, Thon Moreira, Boaz Solossa
Absen: Immanuel Wanggai (cedera)
Pelatih: Peter Butler

Mitra Kukar: Gerri Mandagi, Saepuloh Maulana, Dedi Gusmawan, Mauricio Leal, Roni Rosadi, Danny Guthrie, Bayu Pradana, Septian David Maulana, Hendra Adi Bayauw, Anindito Wahyu, Fernando Rodriguez, Rendi Siregar
Absen: Yoo Jae Hoon (cedera)
Pelatih: Rafael Berges Marin

PREDIKSI: PERSIPURA 60%-40% MITRA KUKAR

(adw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up