alexametrics
Piala Menpora 2021

Menpora: Mendapatkan Izin Keramaian dari Polisi Bukan Perkara Mudah

21 Februari 2021, 10:42:24 WIB

JawaPos.com – Surat izin Piala Menpora 2021 diserahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali kepada Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Wisma Kemenpora (19/2). Penyerahan izin tersebut juga dihadiri jajaran PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi.

Sehari sebelumnya, Zainudin menerima surat izin keramaian dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta.

Zainudin mengungkapkan, mendapatkan izin tersebut bukan perkara mudah. Tapi dengan perjuangan dan serangkaian perjalanan panjang yang dilakukan. ’’Kami bersama-sama antara PSSI, PT LIB, dan seluruh stakeholder, akhirnya izin didapatkan,’’ ujarnya.

Menurut dia, menjadi kewajiban tersendiri untuk membantu tiap cabang olahraga (cabor). Termasuk sepak bola yang tengah berada dalam kesulitan. Cabor paling populer tersebut memang kerap kali terkendala izin dari kepolisian.

Karena itu, Zainudin bersyukur saat ini izin sudah didapatkan. ’’Kami berjuang bersama untuk berpikir soal cara apa yang terbaik untuk kami lakukan kegiatan di masa pandemi ini,’’ ucapnya.

Meski sudah mendapatkan izin, politikus Partai Golkar itu mengingatkan agar seluruh stakeholder di Indonesia bisa bersama-sama menjaga komitmen. Kepercayaan pemberian izin dari Polri adalah tanggung jawab bersama.

’’Pesan Kapolri, tolong ini dijaga dengan baik. Dan mudah-mudahan ini jadi contoh untuk kegiatan-kegiatan olahraga lainnya,’’ ucap Zainudin.

Zainudin juga mengingatkan kepada masyarakat, khususnya suporter bola, agar mendukung tim-tim kesayangan dari rumah saja. ’’Jangan ada nonton bareng (nobar) dan jangan ada berkerumun,’’ tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengapresiasi bantuan Menpora sehingga surat izin keramaian bisa didapat. Bahkan, di depan Zainudin, pihaknya berjanji akan menjaga kepercayaan yang sudah diberikan dengan semaksimal mungkin.

’’Visi misi kami ingin bekerja sama terus dengan pemerintah. Sekali lagi, kepada Menpora, kami berikan apresiasi tinggi atas semua bantuannya,’’ ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menuturkan, pihaknya akan bekerja sama dengan banyak pihak untuk menepati janji kepada Polri.

Yakni, turnamen Piala Menpora 2021 harus tanpa penonton, tidak ada pergerakan suporter, hingga larangan ada nonton bareng (nobar). ’’Kami akan berdiskusi lagi dengan beberapa pihak. Terutama suporter,’’ ungkapnya.

Soal tanpa penonton atau tidak ada kerumunan di sekitar stadion, PSSI dan PT LIB mungkin bisa melaksanakannya dengan baik. Tapi, untuk masalah nobar, federasi akan mencoba berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Terutama empat kota yang akan jadi tuan rumah Piala Menpora 2021.

Baca Juga: Saat Nomor 1 Dunia Dikalahkan Seorang Murid SMA Berusia 16 Tahun

’’Kami sudah minta kepada kepolisian dan pemda setempat untuk membantu antisipasi nobar itu. Sekarang saja sudah jalan kan? Tapi nanti dalam sebulan ini kami mantapkan lagi,’’ paparnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : raf/rid/c17/ali




Close Ads