alexametrics
Piala Indonesia 2018-2019

Striker Asing Persebaya Berpeluang Jadi Top Skor Piala Indonesia

21 Februari 2019, 12:03:33 WIB

JawaPos.com – Amido Balde sedang merintis jalan menjadi top skor Piala Indonesia bersama Persebaya Surabaya. Penyerang asal Guinea-Bissau tersebut sudah mencetak 6 gol hanya dalam dua pertandingan di Piala Indonesia 2018.

Ketika Persebaya mengalahkan Persinga Ngawi dengan skor 8-0 pada babak 32 besar, Balde berhasil menceploskan 4 gol. Kemudian, eks striker Glasgow Celtic ini mencetak brace ketika Persebaya menundukkan Persidago Gorontalo pada leg pertama babak 16 besar.

Nah, Green Force-julukan Persebaya-akan kembali berhadapan dengan Persidago pada leg kedua babak 16 besar, Sabtu (23/2) nanti. Kali ini Persebaya diuntungkan karena bermain di kandang sendiri Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

top skor piala indonesia
Daftar Top Skor sepanjang masa Piala Indonesia. (Istimewa)

Karena melawan tim dari kompetisi terbawah dalam piramida kompetisi sepak bola Indonesia, bukan tidak mungkin Persebaya akan mencetak lebih dari setengah lusin gol di Stadion GBT. Dan, Balde berpeluang menambah pundi-pundi golnya.

“Bermain di kandang sendiri selalu memberikan energi ekstra. Fans luar biasa,” ucap Balde.

Torehan 6 gol Balde telah menyamai catatan milik Beto Goncalves dan Oliver Makor. Beto menjadi top skor Piala Indonesia 2008 bersama Persipura Jayapura. Sedangkan Makor adalah top skor Piala Indonesia 2012 bersama Persik Kediri.

Masih ada tiga rekor yang harus dilewati Balde jika ingin menjadi top skor Piala Indonesia sepanjang masa. Balde harus melewati rekor 8 gol milik Samsul Arif dan Pablo Frances yang terukir pada Piala Indonesia 2009.

Striker naturalisasi Cristian Gonzales juga pernah menjadi top skor Piala Indonesia 2010. Gonzales yang saat itu memperkuat Persib Bandung, berhasil mencetak 10 gol sepanjang turnamen ini berlangsung.

Sementara itu, rekor gol terbanyak di Piala Indonesia masih dipegang oleh mantan pemain Persebaya dan Persija Jakarta, Javier Roca. Gelandang serang asal Chile ini mencetak 11 gol pada Piala Indonesia edisi 2005 silam.

“Seperti kata Coach Djanur, Balde pemain bagus. Tetapi dia belum berada pada top performancenya. (Jadi) masih bisa lebih bagus lagi,” kata asisten pelatih Persebaya Bejo Sugiantoro.

Untuk Piala Indonesia kali ini, pemain tersubur sementara masih dikuasai Zulham Zamrun (PSM Makassar) dengan 7 gol. Sementara Balde bergabung dengan Herman Dzumafo (Bhayangkara FC) yang sama-sama mencetak 6 gol. Disusul oleh Marko Simic (Persija) dan Eero Markkanen (PSM Makassar) dengan torehan 5 gol.

Editor : Agus Dwi W

Reporter : Muhammad Syafaruddin

Striker Asing Persebaya Berpeluang Jadi Top Skor Piala Indonesia