alexametrics
Timnas Indonesia

Timnas U-19 TC di Thailand, Shin Tae-yong Sudah Berangkat Lebih Dulu

21 Januari 2020, 13:31:30 WIB

JawaPos.com – Setelah mengumumkan 28 pemain yang bakal ikut training camp (TC), kemarin (20/1) timnas Indonesia U-19 berangkat ke Thailand. Mereka didampingi beberapa staf pelatih seperti Indra Sjafri, Nova Arianto, Gong Ih-kyun, Kim Hae-woon, dan Kim Woo-jae.

Tidak ada sosok manajer pelatih Shin Tae-yong dan pelatih fisik Lee Jae-hong. Keduanya ternyata berangkat lebih dulu ke Thailand. Alasannya, Shin Tae-yong ingin melihat beberapa pertandingan terakhir Piala Asia U-23 di Negeri Gajah Putih tersebut. Dia juga ingin melihat kualitas calon lawan di Piala Dunia U-20. Shin Tae-yong dan Lee Jae-hong berangkat pada Minggu (19/1).

Ketua PSSI Moch. Iriawan melepas langsung keberangkatan pemain timnas U-19. Iwan Bule –sapaannya– juga memberikan beberapa nasihat untuk para pemain. ’’Kalian harus benar-benar serius latihan di sana. Tidak usah berpikir yang lain. Latihan serius. Ini bekal kalian di masa depan,’’ kata Iwan.

Iwan menjelaskan, para pemain akan digembleng selama 12 hari di Thailand. Bukan hanya latihan fisik, mereka juga harus melakoni lima pertandingan uji coba. Beberapa di antaranya dengan tim lokal dan tim asal Korea Selatan yang kebetulan TC di Chiang Mai, lokasi latihan timnas U-19.

Pria yang juga menjabat sekretaris utama Lemhanas tersebut menuturkan, nanti susunan 28 pemain bisa berubah. Timnas U-19 memberlakukan sistem promosi degradasi. Artinya, pemain saat ini bukanlah skuad utama yang sudah pasti disiapkan di Piala Dunia U-20 tahun depan. ’’Nanti ditambah pemain di Garuda Select. Akan dikombinasikan,’’ jelasnya.

Iwan Bule menuturkan, TC di luar negeri ini tidak hanya dilakukan di Thailand. Ada beberapa negara lain yang bakal menjadi tujuan TC Witan Sulaiman dkk. Misalnya, Jerman dan Jepang. ’’Awalnya Belgia, tapi Jerman lebih siap menerima kami secara infrastruktur. Jepang bulan depan. Yang lain bertahap,’’ tuturnya.

Indra Sjafri menambahkan, TC di Thailand memang difokuskan pada pembenahan fisik pemain. Besok (22/1) para pemain memulai tes fisik. ’’Jadi, parameter kami tidak hanya kemampuan skill dan pemahaman taktikal di lapangan. Ada hal lain yang juga akan kami nilai. Saya setuju pasti akan ada promosi dan degradasi untuk skuad,’’ paparnya.

Nova menambahkan, beberapa uji coba juga dimaksudkan agar Shin Tae-yong bisa melihat kemampuan pemain dalam pertandingan. Bisa melihat kelebihan dan kekurangan skuadnya. ’’Masalah fisik selama lima hari latihan sudah sangat baik. Pemain saat ini menunjukkan progres itu. Alasan itu juga 28 pemain ini dipilih,’’ ujar Nova.

Soal dicoretnya sejumlah pemain seperti Beckham Putra hingga Supriadi, mantan bek Persib Bandung itu menuturkan bahwa beberapa pemain tersebut bisa saja dipanggil kembali. Beckham dan Supriadi, misalnya. Keduanya dicoret karena cedera. Bukan gara-gara kemampuan dan fisik yang kurang. ’’Beckham sebenarnya masuk. Tapi, dia harus istirahat dua atau tiga minggu. Akhirnya, kami mempertimbangkan tidak membawanya,’’ katanya.

Sementara itu, Rizki Ridho mengaku sudah tidak sabar menjalani TC di Thailand. Dia sangat antusias dan ingin segera mendapat banyak ilmu dari cara melatih Shin Tae-yong dan kolega. ’’Kalau masalah cara melatih, sama ya dengan coach Fakhri. Jadi, tidak ada masalah walau memang komunikasinya sedikit sulit karena harus melalui penerjemah,’’ ucapnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : rid

Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads