alexametrics
Liga 1 2019

PT LIB Tolak Keinginan Persebaya agar Perebutan Runner-up Serentak

20 Desember 2019, 07:32:22 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya akhirnya mengirimkan surat kepada PT LIB terkait jadwal pekan terakhir Liga 1. Dalam surat yang dikirimkan tersebut, Green Force –julukan Persebaya– berharap seluruh laga pekan ke-34 digelar serentak. Khususnya tim-tim yang punya potensi untuk menjadi runner-up dan peringkat ketiga klasemen akhir.

Direktur Kompetisi LIB Asep Saputra membenarkan adanya surat permintaan jadwal pekan terakhir itu dari Persebaya. Pihaknya sudah menerima dan mempelajari. Sayang, lanjut Asep, LIB tidak bisa memenuhi permintaan tersebut.

Ada beberapa faktor yang jadi penyebab. Faktor pertama dan paling utama adalah hak siar. Jadwal yang sudah ditetapkan merupakan bagian dari broadcast. Artinya, televisi yang jadi pemegang hak siar sudah menjadwalkan pertandingan tersebut. ’’Tim produksi di lapangan juga terbatas kalau digelar serentak,’’ kata Asep.

Yang kedua, LIB sebenarnya tidak mengubah jadwal sama sekali. Artinya, jadwal yang saat ini dipegang klub merupakan jadwal semula sebelum diketahui siapa tim yang terdegradasi ataupun juara. ’’Kami saat itu fokus kalau tim-tim yang ada kemungkinan degradasi dilaksanakan serentak. Ternyata sejak pekan ke-32 sudah diketahui,’’ tuturnya.

Saat itu ada beberapa tim yang berpotensi degradasi yang rencananya dipertandingkan serentak. Yakni, Semen Padang, Perseru Badak Lampung FC, Kalteng Putra, dan Persela Lamongan. Karena hasil pertandingan-pertandingan tim tersebut diprediksi saling berpengaruh, LIB menjadwalkan pertandingan dilaksanakan bersama pada 21 Desember. ’’Begitu juga papan atas, papan atas bermain serentak pada minggu (22/12),’’ katanya.

Sebaliknya, persaingan peringkat kedua dan ketiga baru diketahui pada pekan ke-33. Sementara itu, LIB sudah punya jadwal hingga pekan ke-34. ’’Kami juga sudah berkoordinasi dengan pemegang hak siar, jadi diputuskan jadwal ke-34 yang ada saat ini. Tidak bisa berubah,’’ tegasnya.

Asep menerangkan, tidak ada kepentingan apa pun mengenai penjadwalan. Semua murni karena ada pihak kedua. Yakni, pemegang hak siar yang punya kepentingan agar bisa menayangkan secara langsung pertandingan-pertandingan dengan potensi rating tinggi. ’’Perizinan juga sulit karena sekarang sudah H-3 (kemarin). Tentu tidak mudah untuk urus izin lagi,’’ katanya.

Media and Public Relation Manager LIB Hanif Marjuni membenarkan pernyataan Asep. Menurut dia, jadwal saat ini tidak berubah. ’’Hanya, memang belum kami share ke klub,’’ ujarnya. Dia meminta maaf kepada Persebaya karena tidak bisa memenuhi permintaan mengenai perubahan jadwal. Hanif menuturkan, LIB sudah menerima surat dan berharap Persebaya mengerti. ’’Karena ini permintaan broadcast, Persebaya itu pertandingan dengan rating yang tinggi, jadi broadcast maunya live, jadi murni ini semua kepentingan hak siar, juga kami tidak bisa mengubahnya,’’ terangnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : Film


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads