alexametrics
Liga 1 2019

Persebaya: Buat Apa Kesepakatan, Kalau PT LIB Justru Melanggarnya

20 Desember 2019, 17:00:29 WIB

JawaPos.com – Manajemen Persebaya Surabaya tidak habis pikir dengan keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang mengubah jadwal Persebaya kontra Perseru Badak Lampung FC. Mereka menuding operator kompetisi mengambil keputusan seenaknya sendiri. Mereka juga menilai PT LIB menabrak kesepakatan yang dibuat dalam emergency meeting di Bali beberapa waktu lalu.

’’Buat apa membuat kesepakatan kalau LIB justru melanggarnya sendiri. Harusnya mereka memberi contoh dalam penegakan aturan. Jangan terus merugikan klub,’’ sembur Sekretaris Persebaya Surahman.

Persebaya Surabaya

Rasa kesal Persebaya itu berpangkal dari keputusan pemindahan jadwal yang sepihak dan tanpa alasan pula. Di sisi lain, surat keberatan Persebaya terkait dengan perubahan jadwal tidak dibalas operator liga. Padahal, manajemen tim berjuluk Green Force tersebut mengirim surat resmi dan memaparkan alasan-alasan keberatan Persebaya.

Salah satu alasan yang diajukan Persebaya adalah asas fairness. Sebab, saat Persebaya berpacu dengan tiga kesebelasan lainnya untuk memperebutkan posisi kedua, PT LIB justru tidak menyeragamkan jadwal pertandingannya. Laga Persebaya dimainkan sehari lebih dulu pada 21 Desember.

’’Padahal, saat emergency meeting di Bali, PSSI dan LIB menegaskan setelah meeting itu tidak boleh ada perubahan jadwal dengan alasan apa pun,’’ kata Ram, sapaan akrab Surahman. Yang semakin membuat jengkel Persebaya, LIB sekadar mengubah jadwal tanpa memberikan solusi apa pun. Padahal, perubahan jadwal yang mendadak tersebut berimbas pada banyak hal. Salah satunya menyangkut izin pertandingan.

’’Operator tidak boleh bertindak seperti ini. Kami mendesak ketua umum PSSI untuk mengevaluasi LIB terkait penunjukan operator kompetisi musim depan. Mereka ini seperti melempar buah simalakama kepada klub,’’ ujar Ram.

Pria asal Benjeng, Gresik, itu menambahkan, jika tidak menjalankan keputusan LIB, klub pasti diajukan ke komisi disiplin untuk dijatuhi sanksi. Tapi, di sisi lain, LIB tidak mau tahu dengan kesulitan klub. ’’Dengan kondisi seperti ini, kami kan serbasalah. Untung saja, untuk pertandingan 21 Desember besok, kami akhirnya sudah mendapatkan izin pertandingan dari kepolisian. Jika belum, kan kami yang repot dan disalahkan,’’ paparnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads