alexametrics
Liga 1 2019

PSIS vs Persebaya: Bertumpu pada Trio Samba

20 September 2019, 12:30:54 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya dan PSIS Semarang memiliki banyak kesamaan. Terutama di bursa transfer serta komposisi pemain. Jelang putaran kedua, keduanya sama-sama memboyong mantan mesin gol musim lalu. PSIS memulangkan Bruno Silva yang di Liga 1 2018 mencetak 16 gol. Bruno adalah top scorer PSIS musim lalu. Sementara itu, Persebaya membuka pintu buat David da Silva untuk balik kucing. Seperti Bruno, Da Silva juga merupakan mesin gol andalan Green Force-julukan Persebaya-pada musim 2018. Da Silva tahun lalu mengoleksi 20 gol.

Soal komposisi pemain asing juga ada kemiripan. PSIS dan Persebaya didominasi trio pemain asal Brasil. PSIS memiliki Bruno (striker), Wallace Costa (bek) dan Claudir Marini Junior (striker). Sebaliknya, Da Silva (striker), Otavio Dutra (bek) dan Diogo Campos (striker) merupakan trio Samba yang dimiliki Persebaya. Nah, duel Samba inilah yang akan tersaji pada lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Moch. Soebroto, Magelang sore nanti WIB. Kebetulan, dua tim ini sama-sama mengandalkan trio Samba mereka sebagai tumpuan.

Persebaya Surabaya

“Kami sudah lakukan persiapan khusus, tinggak main besok seperti apa. Target kami di sini mencuri poin. Dapat satu poin Alhamdulillah, dapat tiga lebih baik,” papar Wolfgang Pikal, asisten pelatih Persebaya.

Persebaya memang mengincar poin maksimal di laga sore nanti. Kans itu sangat terbuka. Sebab, meski berstatus sebagai tim tamu, namun Persebaya seperti bermain di venue yang netral. Sebab, laga ini sudah diputuskan tanpa penonton. Selain itu, Ruben Sanadi dkk ingin revans atas hasil pertemuan pada putaran pertama lalu. Berlaga dihadapan Bonek, Persebaya saat itu ditahan imbang 1-1 oleh PSIS.

Amunisi Green Force juga semakin komplit. Selain kehadiran trio Samba, mereka juga bisa menurunkan Aryn Williams. Gelandang asal Australia itu bisa dijajal untuk menggantikan posisi M. Hidayat yang absen karena akumulasi kartu. Aryn dan Diogo Compos sudah mengikuti sesi official training kemarin sore. “Memang dia sudah sah. Tetapi kami lihat kondisinya dulu. Secara fisik memang terlihat fit dan oke. Tinggal adaptasi dengan pemain lainnya,” jelas Pikal.

Di kubu PSIS, pelatih Bambang Nurdiansyah juga siap menurunkan Bruno Silva. Hanya saja, Bambang belum bisa memastikan apakah Bruno bakal menjadi starter atau memulai laga dari bangku cadangan. “Bruno kan sudah lama tidak main ya. Apalagi dia habis perjalanan. Jadi masih kami pantau kondisinya. Sampai besok (hari ini, red) lah baru kami bisa putuskan,” jelas Bambang.

Duel kontra Persebaya merupakan laga pertama Bambang di partai home. Ya, pelatih yang akrab disapa Banur tersebut, mulai membesut PSIS ketika melakoni laga tandang ke markas Bhayangkara FC. Setelah itu, rentetan laga away harus dijalani tim berjuluk Mahesa Jenar itu.

“Ini laga kandang pertama saya bersama PSIS. Tentu ingin mengawalinya dengan baik. Materi pemainnya juga Insyallah lengkap. Harapannya besok bisa maksimal,” tutur bomber timnas era 1980-an itu.

Perkiraan pemain

PSIS (4-2-3-1):1-Joko ribowo (g); 27-Safrudin Tahar, 4-Wallace Costa (c), 17-M. Rio, 15-Frendi Saputra; 31-Heru Setyawan, 16-Finki Pasamba; 29-Septian David – 14-Jonathan Catillana, 22-Hari Nur Yulianto; 9-Claudir Marini
Pelatih: Bambang Nurdiansyah

Persebaya (4-3-3): 33-Miswar Saputra (g); 22-Abu Rizal Maulana, 23-Hansamu Yama, 5-Otavio Dutra, 14-Ruben Sanadi (c); 13-Rachmat Irianto, 28-Aryn Williams, 90-Diogo Campos; 41-Irfan Jaya, 7-David da Silva, 20-Osvaldo Haay
Pelatih: Alfred Riedl

Stadion: Moch. Soebroto, Magelang
Live: Indosiar pukul 15.30 WIB

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : Nia/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads