alexametrics
Liga 1 2019

Persija Akan Datangkan Pelatih Asing yang Fresh Gantikan Banuelos

20 September 2019, 17:00:05 WIB

JawaPos.com – Pukulan telak diberikan Stefano “Teco” Cugurra kepada mantan timnya, Persija Jakarta, kemarin sore (19/9). Bertanding di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Teco berhasil membawa Bali United menundukkan Macan Kemayoran –julukan Persija– dengan skor tipis 1-0.

Satu-satunya gol dari Bali United dicetak Melvin Platje. Masuk di babak kedua menggantikan Ilija Spasojevic, pemain asal Belanda itu sukses memanfaatkan kemelut di depan gawang Persija. Bola sontekannya pada menit ke-66 berhasil melewati garis gawang meski kiper Persija Andritany Ardhiyasa menepisnya.

Persija Jakarta

Hasil itu menegaskan bahwa pelatih yang akrab disapa Teco tersebut sangat mengerti cara main Persija yang mayoritas masih diperkuat mantan anak asuhnya musim lalu. Mantan-mantan pemain yang turut andil memberikan gelar juara Liga 1 untuk klub ibu kota. Buktinya, sepanjang 90 menit, dua pemain andalan Persija di lini serang Marko Simic dan Riko Simanjuntak sama sekali tak berkutik.

’’Saya memang sudah kasih masukan ke pemain belakang bagaimana menghentikan Simic dan Riko,’’ ungkapnya. Salah satu caranya adalah tidak memberikan ruang sedikit pun kepada Simic dan Riko. Hal tersebut terbukti. Tiap kali Simic atau Riko mendapatkan bola, dua pemain langsung melakukan marking. ’’Karena saya paham, terutama Simic, bagaimana kualitas finishing dan heading-nya. Jadi, saya meminta pemain belakang tidak memberi Simic ruang untuk menembak atau heading,’’ lanjutnya.

Dia juga memahami karakter seluruh tim. Karena itu, di babak pertama pelatih asal Brasil tersebut meminta anak asuhnya total bertahan. Tidak memberikan waktu Persija cetak gol. ’’Karena jika bisa tahan di babak pertama, di babak kedua pasti Persija mau keluar. Mau lebih menyerang karena butuh kemenangan,’’ ucapnya.

Di saat itulah, strateginya berjalan. Melvin dan Irfan Bachdim dimasukkan. Irfan menggantikan Yabes Roni pada menit ke-67. ’’Melvin pemain cerdas. Tahu di mana situasi untuk cetak gol, jadi saya manfaatkan itu,’’ katanya.

Sementara itu, kekalahan Persija atas Bali United kemarin membuat situasi ruang ganti memanas. Manajemen Persija pun akhirnya memutuskan untuk memecat Julio Banuelos sebagai pelatih Persija. Juga Eduardo Perez Moran dari jabatan direktur teknik.

Hal itu dikatakan CEO Persija Ferry Paulus setelah pertandingan. Di ruang ganti, pria yang akrab disapa FP tersebut mengaku sudah berbicara langsung kepada Banuelos ataupun Edu. ’’Saya sudah berikan kesempatan, tapi hasilnya tidak bagus. Mau tak mau hari ini saya memutuskan tidak bekerja sama lagi dengan Banuelos dan Edu,’’ tegasnya.

FP sendiri belum tahu siapa yang bakal jadi pengganti. Untuk sementara, Persija akan dilatih pelatih karteker. Manajemen menyerahkan strategi Persija kepada asisten pelatih Mustaqim dan Ahmad Fauzi sebagai pelatih kiper. ’’Kami sudah berkonsultasi dengan beberapa agen, ada nama-nama yang diusulkan sebagai pengganti,’’ terangnya.

Namun, nama-nama yang bakal jadi pengganti Banuelos dipastikan tidak pernah melatih di Indonesia sebelumnya. Artinya, Persija bakal mencoba pelatih baru yang fresh. ’’Tapi, sampai detik ini, belum ada nama yang kami pastikan. Jadi, kami masih menunggu,’’ ucapnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : Rid/Ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads