alexametrics

Jacksen Enggan Beberkan Alasan Mengapa Tinggalkan Mamadou Samassa

20 Juli 2019, 10:09:58 WIB

JawaPos.com-Pelatih baru Persipura musim ini Jacksen F Tiago sukses melewati ujian pertama dengan mengalahkan Madura United 1-0 di Stadion Mandala Jayapura Selasa (16/7). Jacksen kembali mendapat tantangan berat saat timnya menantang Bhayangkara FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu sore.

Jacksen diharapkan bisa kembali menghadirkan kemenangan perdana Mutiara Hitam julukan Persipura pada laga away. Pasalnya, sejak Liga 1 2019 bergulir, Boaz Solossa dkk yang sudah melakoni empat partai tandang hanya mampu meraih satu poin. Yakni ketika menahan imbang tuan rumah Persela Lamongan dengan skor 2-2, pada 22 Mei 2019.

Persipura Jayapura

Selebihnya, Persipura pulang dengan tangan hampa alias selalu menderita kekalahan yaitu dibekuk Persib Bandung 0-3, kalah tipis dari Tira Persikabo 1-2 dan dibungkam Arema FC dengan skor 1-3.

Pada tahun 2008-2014 saat ditangani Jacksen F Tiago, Persipura tidak begitu sulit meraih tiga poin di kandang lawan. Untuk itu, Jacksen diharapkan bisa kembali mengangkat kejayaan Persipura sekaligus memutus hasil minor Persipura pada laga-laga away.

Meski harus diakui bahwa materi pemain yang dimiliki Jacksen saat ini sedikit berbeda ketika dia mampu menghadirkan tiga gelar juara untuk Persipura. Selain itu, Jacksen juga belum terlalu lama menangani Persipira.

Sejak memoles Persipura menggantikan rekan senegaranya Luciano Leandro, Jacksen mulai menemukan kembali ritme permainan timnya. Oleh sebab itu, menghadapi Bhayangkara FC yang merupakan juara Liga 1 2017, Jacksen tetap optimistis timnya meraih kemenangan perdana di laga away.

”Kami sudah latihan di Jayapura dan Jakarta. Pemain saat ini sudah sangat siap. Ada 20 pemain yang kami bawa dan semuanya siap main. Tinggal bagaimana kita lebih mantapkan persiapan sebelum pertandingan,” jelas Jacksen saat dihubungi Cenderawasih Pos (Jawa Pos Group) via ponselnya Jumat (19/7).

Menghadapi The Guardian, julukan Bhayangkara FC, Jacksen mewanti-wanti pemainnya untuk tidak memberikan banyak ruang gerak bagi pemain lawan. Sebab, calon lawan kali ini merupakan tim yang masih konsisten saat bermain di depan pendukungnya sendiri.

Dalam tiga laga kandang yang dilakoni Indra Kahfi dkk, belum sekalipun mereka menderita kekalahan. Bhayangkara FC hanya kehilangan poin di kandang saat ditahan imbang Tira Persikabo 1-1.

Meskipun demikian, Jacksen yakin jika timnya bisa mendulang poin, asalkan pemainnya bisa menerapkan strategi dengan baik.

Dirinya mengaku sudah mengantongi beberapa kelemahan lawannya itu. Sehingga ia bisa kembali melakukan strategi jitu. Seperti saat Persipura menumbangkan Madura United.

”Saat lawan Madura United, kami melakukan beberapa perombakan di sektor posisi pemain. Tentu saat lawan Bhayangkara, kami juga akan melihat kelemahan lawan dan kami sampaikan kepada pemain apa yang mereka lakukan di lapangan,” ujarnya.

Ketika menjamu Madura United di Stadion Mandala Jayapura, Jacksen memang merotasi beberapa posisi pemainnya. Boaz Solossa misalnya, diturunkan beroperasi sebagai winger kiri. Sementara itu, Oh In-kyun beroperasi di kanan. Strategi tersebut mampu mematikan pemain sayap lawan yang punya kecepatan.

Begitu juga saat memasang Tibo sebagai penyerang tengah. Pasalnya Tibo dinilai pemain memiliki kecepatan yang cukup mumpuni untuk bisa merepotkan pertahan lawan. Sehingga saat lawan fokus dengan pergerakan Tibo, pemain lain seperti Todd Rivaldo Ferre bisa mengambil celah.

Jacksen mengakui, akan kembali menerapkan siasatnya saat menghadapi Bhayangkara FC. Pasalnya Persipura butuh poin penuh untuk bisa mendongkrak posisinya yang saat ini masih ada di papan bawah.

Kabar baik juga menghampiri Jacksen. Dalam pertandingan besok sore, dia bisa menurunkan gelandang enerjik Ian Kabes dan bek senior Ricardo Salampessy. Hadirnya Ian Kabes membuat pilihan lini tengah Persipura kian melimpah.

“Kita akan fokus untuk kembalikan motivasi pemain dulu. Jika pemain benar-benar bekerja dengan sepenuh hati, pasti kita bisa meraih kemenangan,” jelasnya.

Dari 21 pemain yang dibawa pada tour perdananya, Jacksen tidak mengikutkan striker anyarnya, Mamadou Samassa. Saat dikonfirmasi, pelatih berusia 51 tahun masih enggan membeberkan alasan pasti tidak membawa mantan pemain Madura United itu.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : eri/nat, cenderawasih pos



Close Ads