JawaPos Radar

Empat Tim Liga 1 Turun di Piala Soeratin U-17 Jatim

20/07/2018, 20:53 WIB | Editor: Bagusthira Evan Pratama
Piala Soeratin U-17, Persebaya Surabaya, Arema FC, Persela Lamongan, bhayangkara fc
Tim Persebaya U-17 (jersey putih-hijau) ketika beruji tanding dengan Persebaya U-19 di Lapangan Karanggayam. (Media Official Persebaya)
Share this image

JawaPos.com – Empat klub Liga 1 2018 dipastikan berpartisipasi pada Piala Soeratin U-17 putaran tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim). Satu-satunya klub Liga 1 yang absen pada turnamen ini adalah Madura United.

Keempat klub dari kasta tertinggi yang mengirimkan tim U-17 di Piala Soeratin Jatim adalah Persebaya Surabaya, Arema FC, Persela Lamongan dan Bhayangkara FC. Putaran pertama diadakan pada 20-27 Juli dan yang kedua akan dilangsungkan pertengahan Agustus mendatang.

"Untuk tim Liga 1, hanya Madura United yang tidak ikut. Bayangkara FC, Persebaya, Arema, dan Persela, semuanya ikut," ungkap Ketua Asprov PSSI Jatim, Ahmad Riyadh ketika dihubungi Jumat (20/7) sore.

Pada awalnya turnamen ini diikuti oleh 44 peserta. Akan tetapi pada perjalananya ada tiga tim yang mengundurkan diri. Ketiga tim itu adalah Malang United, Persegres Putra, dan Persikapro Probolinggo.

Seluruh tim peserta akan dibagi dalam 11 grup. Delapan grup berisi empat peserta. Sementara grup lainnya berisi tiga klub. Hanya juara grup dan runner up yang akan lolos ke babak 24 besar.

"Jadi nanti ada dua peringkat terbaik yang lolos untuk memenuhi kuota 24 tim. Dua peringkat ketiga terbaik ini diambil dari delapan grup yang berisi empat tim itu," jabar mantan Ketua Askab PSSI Sidoarjo itu.

Sekretaris umum PSSI Jawa Timur, Amir Burhannudin menambahkan, turnamen ini akan menggunakan sistem dua kali home tournament. Melalui sistem ini, para peserta mendapatkan jam tanding yang mencukupi.

"Jadi dalam satu grup itu bermain setengah kompetisi tapi dua kali. Sehingga volume pertandingan sama dengan sistem home and away," jelas Amir.

Nantinya, tim yang menjuarai Piala Soeratin U-17 putaran tingkat Provinsi Jatim akan menjadi wakil di tingkat nasional. "Tahun lalu wakil Jatim gagal di delapan besar. Tahun ini wakil Jatim harus bisa menjadi juara nasional," harap Riyadh.

(saf/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up