alexametrics
Piala Presiden 2022

Empat Pemain Asing Persebaya Bisa Menjadi Starter Lawan Bali United

20 Juni 2022, 10:55:45 WIB

JawaPos.com-Empat kali kebobolan dan belum meraih kemenangan. Itulah rapor sementara Persebaya Surabaya di grup C Piala Presiden 2022. Kans Green Force –julukan Persebaya– untuk lolos ke babak delapan besar pun sangat tipis.

Sebab, Aji Santoso dan pasukannya saat ini masih menempati posisi juru kunci dengan koleksi satu poin.

Peluang makin berat lantaran Persebaya harus menghadapi Bali United pada matchday ketiga grup C malam ini di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Kemenangan saja juga tak cukup. Pasalnya, Persib Bandung dan Bhayangkara FC sama-sama mengoleksi empat poin. Jika besok (21/6) malam keduanya bermain seri, pupus pula peluang Persebaya dan Bali United untuk lolos.

Meski berat, Aji tetap berharap anak asuhnya bisa melaju ke babak perempat final. ”Di sepak bola apa pun bisa terjadi. Yang terpenting bagi saya besok (hari ini, Red) adalah bagaimana tim ini bisa maksimal sesuai karakter bermain Persebaya. Saya juga akan memberikan jam terbang kepada pemain yang belum main,” ujar Aji di Graha Persib kemarin.

Salah satu posisi yang akan dirotasi Aji adalah penjaga gawang. Dalam dua pertandingan awal, gawang Persebaya dikawal Andhika Ramadhani. Nah, Aji menilai performa Andhika dalam pertandingan melawan The Guardian –julukan Bhayangkara FC– dan Persib kurang maksimal.

”Andhika membuat kesalahan sehingga lawan bisa mencetak gol. Kami akan melakukan evaluasi. Besar kemungkinan kiper lain yang main. Masih ada Satria Tama, Ernando Ari, dan I Gede Dida,” ungkap pelatih asal Malang itu.

Perubahan lainnya yang akan dilakukan Aji dalam laga malam ini adalah memainkan empat pemain asing sebagai starter. Dalam dua laga awal, hanya Leo Lelis (center back) yang dipasang full 90 menit. Aji menilai Sho Yamamoto (gelandang), Higor Vidal (gelandang), dan Silvio Junior (striker) sudah layak untuk masuk starting line-up.

”Mereka sudah beradaptasi dengan tim pada pertandingan pertama dan kedua. Besok (hari ini) saya akan menurunkan mereka sejak awal pertandingan,” tegas Aji.

Rencana rotasi juga akan diterapkan pelatih Bali United Alessandro Stefano ”Teco” Cugurra Rodrigues. Rotasi perlu dilakukan Teco. Sebab, Bali United harus berlaga di AFC Cup mulai 24 Juni nanti.

”Tapi, kami tetap harus menang supaya mendapat poin yang sama dengan Bhayangkara FC dan Persib. Jika bisa menang, kami berharap Persib atau Bhayangkara FC kalah. Kalau skema itu terjadi, kami bisa lolos ke perempat final,” ucap Teco.

Teco mengaku memiliki ikatan emosional yang sangat kuat dengan Persebaya. Bagi Teco, Persebaya adalah klub pertama dalam karier kepelatihannya di Indonesia. Saat itu, Teco datang ke Persebaya sebagai pelatih fisik pada 2003 silam.

Pelatih asal Brasil itu merasa nyaman tinggal di Surabaya. Lima tahun bekerja di Surabaya, Teco mendapatkan segalanya.

”Persebaya membuka pintu bagi saya bekerja di Indonesia. Saya bisa mendapat tiga piala di sana. Saya juga punya banyak teman di sana. Yang paling besar dari itu, saya dapat istri orang Surabaya,” tutur pelatih 47 tahun itu.

 

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c17/bas

Saksikan video menarik berikut ini: