alexametrics
Liga 3 2019

APPI: Larang Persegres GU Ikut Kompetisi di Bawah PSSI dan FIFA

19 November 2019, 10:00:15 WIB

JawaPos.com – Kasus tunggakan gaji Persegres Gresik United musim 2017 sudah diketuk pada 16 Oktober. PT Persegres Joko Samudro (PJS) harus membayar utang gaji Rp 458 juta. Tapi, hingga saat ini, belum ada pelunasan.

Hal itu membuat gerah Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI). Mereka sudah mengantongi surat keputusan dari Pengadilan Hukum Industrial (PHI) Gresik. Karena itu, APPI berencana mengadu ke PSSI. ’’Kami akan surati PSSI terkait putusan PHI Gresik,’’ kata Kepala Divisi Legal APPI Jannes H. Silitonga kepada Jawa Pos.

Rencananya, surat dikirim siang ini. Melalui surat itu pula, APPI menuntut dua hal kepada PSSI. Pertama, meminta PT PJS segera melunasi tunggakan gaji pemain. Kedua, meminta PSSI bertindak tegas kepada klub yang menunggak gaji. ’’Yaitu dengan melarang Persegres ikut kompetisi di bawah naungan PSSI dan FIFA,’’ tambah Jannes.
 
aat ini Persegres Gresik United yang sudah bertransformasi menjadi Gresik United mengikuti kompetisi Liga 3 Pra Nasional. Masalahnya, kompetisi tersebut tinggal menyisakan tiga laga. Lantas, apakah Gresik United bisa dicoret dalam kompetisi tersebut? Ternyata, tuntutan itu bukan untuk musim ini. ’’Tapi untuk musim depan. Tentunya jika gaji masih belum dibayar,’’ tambah Jannes.

Total, ada 22 pemain yang gajinya tertunggak. Salah satunya mantan kapten Persegres David Faristian. Saat ini dia berseragam Putra Sinar Giri (PSG). Meski sudah punya klub baru, pemain asli Gresik itu berharap gaji yang tertunggak segera dibayar. ’’Karena sampai kapan pun, selama tim itu (Persegres) masih ada, mereka wajib membayarnya,’’ terang David kepada Jawa Pos.

Masalahnya, saat ini PT PJS sudah berada di bawah tanggung jawab Ketua DPRD Kabupaten Gresik Fandi Ahmad Yani. Padahal, kasus tunggakan gaji itu terjadi di era manajemen lama. Artinya, tunggakan gaji tersebut masih menjadi tanggung jawab manajemen lama.

Yang menjadi masalah, manajemen lama sangat sulit diajak berkomunikasi. Buktinya, dalam tujuh kali sidang kasus tunggakan gaji, mereka selalu mangkir. Mereka tidak pernah sekali pun datang ke Pengadilan Negeri Gresik. Karena itu, langkah APPI untuk menyurati PSSI diharapkan menjadi solusi. Tujuannya, manajemen lama PT PJS bisa melunasi tunggakan gaji tersebut.

Saat ini Gresik United tengah berjuang lolos ke Liga 3 Nasional. Mereka berada di posisi ketiga grup C Liga 3 Pra Nasional dengan torehan tujuh poin. Terpaut tiga poin dari PS Ngada di posisi runner-up atau batas akhir lolos ke Liga 3 Nasional.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads