alexametrics

Tiga Pemain Trial Lolos Seleksi dan Pasti Dikontrak Persebaya

19 Juni 2022, 18:30:52 WIB

JawaPos.com-Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso menjadikan turnamen Piala Presiden 2022 sebagai ajang untuk men-trial tiga pemain lokal.

Namun, belum selesai ajang itu digelar, Aji tidak ragu untuk mengambil keputusan. Michael Bonzoji Rumere (tengah), Riswan Lauhim (belakang), dan Julian Mancini (depan) dipastikan lolos seleksi dan segera dikontrak Persebaya untuk kompetisi Liga 1.

Aji menerangkan, Mancini direkrut untuk memenuhi kebutuhan lini depan Green Force –julukan Persebaya. Saat ini, Persebaya baru memiliki tiga striker. Yaitu, Januar Eka, striker asing Silvio Rodrigues Pereira Junior, dan penyerang muda Widi Syarif.

”Mengarungi Liga 1 dengan tiga striker tentu tidak cukup. Kalau ditambah Mancini, kami jadi punya empat penyerang. Jumlah itu saya kira sudah cukup,” tutur mantan pelatih Persela Lamongan itu kepada Jawa Pos melalui pesan singkat kemarin.

Mancini sebenarnya belum pernah memiliki pengalaman bermain di kompetisi kasta tertinggi Indonesia. Dia lebih banyak bermain di Liga 2. Klub Liga 2 yang pernah dibelanya adalah Badak Lampung dan Lampung Sakti.

Namun, pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, itu melihat Mancini dari sudut pandang berbeda. Menurut Aji, pengalaman di Liga 2 cukup membuatnya menjadi striker yang dibutuhkan Persebaya. Apalagi, penyerang 24 tahun itu pernah bermain di Liga Timor Leste bersama Assalam FC.

”Saya juga suka dengan kecepatan yang dimiliki Mancini,” terang mantan pelatih tim sepak bola PON Jawa Timur tersebut.

Sama seperti Mancini, Rumere lebih banyak pengalaman di Liga 2. Satu-satunya kesempatan Rumere merasakan atmosfer Liga 1 didapat pada musim 2019 setelah membawa Kalteng Putra menempati posisi ketiga Liga 2 musim 2018.

”Saya senang dengan visi bermain Rumere. Dia kuat dalam memegang bola,” tegas mantan pelatih tim nasional Indonesia U-23 itu.

Terkait Riswan, Aji tidak menjelaskan secara detail alasan merekrutnya. Namun, sebelum ke Persebaya, Riswan pernah menjadi bagian dari klub Liga 3 Persiter Ternate. Dia juga pernah menjadi bagian dari Cilegon United pada musim 2020.

Namun, Riswan dilepas saat Cilegon United diakuisisi pesohor Raffi Ahmad. Dia belum memiliki klub lagi sampai akhirnya Aji memberikan kesempatan untuk trial.

”Dengan tambahan tiga pemain itu, skuad lokal Persebaya sepertinya sudah cukup,” ungkap mantan pelatih Arema FC tersebut.

Saat ini, Aji tinggal mematangkan skuad Persebaya. Piala Presiden menjadi ajang yang tepat untuk mengukur kekurangan tim. Apalagi, dalam dua pertandingan fase grup C Piala Presiden, Persebaya belum pernah menang.

Persebaya bermain imbang 1-1 dengan Bhayangkara FC dan kalah 1-3 oleh Persib Bandung.

Besok (20/6) malam, Persebaya melakoni pertandingan pemungkas grup C melawan Bali United. Sama seperti pertandingan melawan Bhayangkara FC dan Persib, laga kontra Serdadu Tridatu –julukan Bali United– akan dimaksimalkan untuk menguji kematangan skuad.

”Saat melawan Bali United, kami akan berusaha meraih hasil terbaik. Tapi, saya juga akan menjadikan turnamen pramusim untuk memberikan kesempatan kepada para pemain supaya bisa main,” ungkap Aji.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini: