alexametrics
SEA Games 2021 Hanoi

Lawan Thailand, Shin Tae-yong Mengaku sudah Menyiapkan Segalanya

19 Mei 2022, 13:28:16 WIB

JawaPos.com-Sepanjang perhelatan SEA Games, Indonesia sudah 21 kali bertemu Thailand. Dalam 21 pertandingan itu, Indonesia baru bisa lima kali mengalahkan Thailand. Sisanya, 14 kali Thailand menang dan dua pertandingan berakhir imbang.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong (STY) akan berusaha memperbaiki catatan buruk tim besutannya atas Thailand di ajang SEA Games.

Upaya itu akan diwujudkan saat kedua tim bertanding dalam partai semifinal SEA Games 2021 Vietnam. Pertandingan tersebut akan dihelat sore ini pukul 16.00 WIB di Stadion Thien Truong, Nam Dinh.

STY sudah menganalisis cara bermain calon lawannya itu. Dia hadir langsung di Stadion Thien Truong saat Thailand mengalahkan Laos dengan skor 1-0 dalam pertandingan pemungkas grup B (16/5).

Menurut pelatih asal Korea Selatan tersebut, Thailand merupakan tim yang memiliki daya serang kuat dan pertahanan tangguh. Hal itu terlihat dalam rekam jejak Thailand sepanjang mengarungi fase penyisihan.

Negeri Gajah Putih itu sudah mencetak 12 gol dan hanya kebobolan dua kali. Dan, di ajang SEA Games ke-31 ini, baru ada satu tim yang sanggup memasukkan dua bola ke gawang Thailand. Yakni, Malaysia.

Meski Thailand memiliki kekuatan yang mengerikan, STY sama sekali tidak gentar. Dia sudah menyiapkan barisan pertahanan yang akan menyulitkan ruang gerak Thailand. Pelatih 51 tahun itu optimistis pertahanan timnya sulit ditembus Thailand meski tidak diperkuat Asnawi Mangkualam Bahar.

”Asnawi tidak bisa dimainkan karena terkena akumulasi kartu kuning. Sebagai gantinya, ada Ilham Rio Fahmi. Memang performa Rio Fahmi pada pertandingan pertama grup A melawan Vietnam tidak begitu baik. Tapi, setelah laga itu, performanya semakin meningkat,” tutur mantan pelatih tim nasional Korea Selatan tersebut.

STY juga optimistis bisa membongkar kukuhnya barisan pertahanan Thailand. Kepercayaan dirinya meningkat seiring dengan kembalinya winger Saddil Ramdani ke skuad Merah Putih. Kehadiran Saddil diharapkan membuat daya gedor Indonesia semakin tajam.

”Saya berharap kami bisa memenangi pertandingan dalam waktu 90 menit,” ucap pelatih kelahiran Yeongdeok, Gyeongbuk, Korea Selatan, itu.

STY berharap pertandingan Indonesia kontra Thailand tidak berlanjut ke extra time dan adu penalti. Menurut mantan pemain sekaligus pelatih Seongnam Ilhwa Chunma tersebut, perpanjangan waktu akan sangat melelahkan.

”Dalam pertandingan besok (hari ini, Red), kedua tim pasti bermain saling serang sejak menit awal. Karena itu, fisik para pemain sudah terkuras pada babak kedua. Makanya, saya berharap pertandingan bisa selesai dalam waktu normal,” ungkap STY.

Meski demikian, mantan gelandang serang Queensland Roar tersebut sudah menyiapkan antisipasi jika pertandingan harus diakhiri lewat perpanjangan waktu. Dia juga sudah menyiapkan para algojo penalti jika pertandingan belum selesai lewat extra time 2 x 15 menit. ”Kami sudah menyiapkan segalanya,” terang STY.

Di sisi lain, pelatih Thailand Alexandre Polking akan berusaha melanjutkan tren positif atas Indonesia di ajang SEA Games. Karena itu, pelatih asal Brasil tersebut sudah menyiapkan strategi berbeda untuk mengandaskan perlawanan skuad Garuda.

”Kami ingin bermain di final SEA Games 2021 Vietnam. Karena itu, kami akan menyiapkan kekuatan yang tangguh dan strategi yang berbeda untuk mengalahkan Indonesia,” ucap mantan pelatih Suphanburi dan Army United tersebut.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads