alexametrics
AFC Cup 2019

Jamu Home United, PSM Tak Diperkuat Striker Timnas Finlandia

19 April 2019, 10:13:31 WIB

JawaPos.com – PSM Makassar dipastikan tak diperkuat striker andalan Eero Markkanen saat menjamu Home United pada lanjutan grup AFC Cup 2019, Selasa (30/4) mendatang. Dia terkena akumulasi kartu kuning. Secara permainan, absennya striker Timnas Finlandia itu bakal memengaruhi performa tim.

Hal itu bukan tanpa alasan, Markkanen merupakan goal getter PSM. Terbukti, eks pemain Real Madrid B itu sudah mengemas lima gol sekaligus mencatatkan diri sebagai top skorer sementara AFC Cup 2019.

Menurut mantan pelatih PSM, Syamsuddin Umar, absennya Markkanen seharusnya tidak perlu dirisaukan Pasukan Ramang. Terlebih jatuh mental sebelum berlaga. Pria yang akrab disapa Syam itu menjelaskan, seorang pemain yang diganjar kartu oleh wasit, merupakan risiko dalam pertandingan. Dia meyakini pelatih PSM, Darije Kalezic, punya cara mengantisipasi hal tersebut.

“Intinya adalah bagaimana PSM bisa memenangkan pertandingan dahulu. Dalam tim tentu ada pemain pelapis yang siap menggantikan posisi pemain inti kalau tidak bisa dimainkan,” jelas Syam seperti dilansir Fajar (Jawa Pos Group).

Meski demikian, tidak diperkuat Markkanen dan Abdul Rahman yang mendapatkan kartu merah kontra Kaya FC, bisa memengaruhi efektivitas permainan. Dengan waktu yang ada, kata Syam, PSM tentu akan melakukan evaluasi tim.

“Di sinilah nanti peran pemain pelapis dalam membuktian kualitas yang dimilikinya. Tentu, mereka yang diberikan kepercayaan bermain akan termotivasi dan berusaha memberikan permainan terbaiknya,” ucap pria yang juga masuk dalam kepengurusan KONI Sulsel ini.

Sementara itu, Direktur Teknik PSM 2006-2008, Yopie Lumoindong, menilai bahwa kans PSM mengamankan poin penuh kala menjamu Home United, terbuka lebar, meski tanpa Markkanen dan Abdul Rahman.

“Tidak ada masalah. Home United tidak terlalu kuat. Cenderung bermain terbuka. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh PSM,” tuturnya.

Editor : Edy Pramana