alexametrics

Melantai di Bursa Saham, Bali United Ingin Seperti Manchester United

19 Februari 2019, 13:00:42 WIB

JawaPos.com – Belum ada klub di Indonesia yang melakukan penawaran publik perdana atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tapi, sebentar lagi sejarah akan terjadi dengan Bali United atau Persija Jakarta yang menjadi klub pertama di tanah air.

Direktur Utama BEI Inarno Djajadi mengatakan, pekan lalu Bali United sudah berkirim surat, sedangkan Persija belum. Dalam waktu dekat, imbuhnya, mungkin akan disusul Persija.

“Surat Bali United sudah kami terima. Mungkin masih dalam proses ya,” ungkapnya saat ditanya di BEI, Senin (18/2).

Inarno menyambut baik rencana IPO dua klub sepak bola ini. Di luar negeri, dia mencontohkan Manchester United, rata-rata di luar negeri sudah menjadi perusahaan publik dan para fans bisa berpartisipasi di situ. ”Ini bagus ya, kita melihat seperti di luar negeri,” imbuhnya.

Kendala dari belum adanya klub bola yang mencari pendanaan di pasar modal menurut Inarno karena hal ini belum terbiasa. Belum ada klub bola yang go public. Persyaratan untuk IPO klub sepak bola sama saja dengan yang lain. ”Saya rasa Bali United akan melantai di bursa dalam waktu dekat,” terangnya.

Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji mengatakan, apabila tujuannya untuk mencari sumber pendanaan memang seharusnya IPO dilakukan untuk meningkatkan kemandirian bagi klub. Tantangan setelah IPO bagi klub adalah harus lebih transparan dari kinerja fundamentalnya pada investor.

Nafan menerangkan, sebenarnya IPO sekarang terlambat, tapi tetap harus dilakukan. Sebab, melalui IPO, klub sepak bola dalam negeri lebih profesional dalam mencari sumber pendanaan. ”Menurut saya harus diikuti oleh klub-klub lain, ini harus diapresiasi,” terangnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : nis/ham

Melantai di Bursa Saham, Bali United Ingin Seperti Manchester United