alexametrics
Pramusim Liga 1 2020

Alwi Slamat Paling Tinggi, Persebaya Target VO2 Max Pemain di Angka 60

19 Januari 2020, 17:00:26 WIB

JawaPos.com – Dari tes awal, VO2 max –ukuran maksimal volume oksigen yang diproses tubuh– pemain Persebaya Surabaya berada dalam level baik. Rata-rata di angka 55. Alwi Slamat yang paling tinggi. VO2 max Alwi mencapai 57,5. Berkaca dari hasil tersebut, jajaran pelatih Persebaya terus mengintensifkan program latihan fisik Rendi Irwan dkk. Sebab, VO2 max para pemain Persebaya dipatok berada di level 60.

’’Sebelum memasuki kompetisi, target kami rata-rata VO2 max pemain kami di angka 60. Dengan begitu, daya tahan mereka sangat mumpuni untuk menjalani kompetisi yang panjang dan padat,’’ kata pelatih Persebaya Aji Santoso saat ditemui selepas latihan di stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kemarin pagi (18/1).

Persebaya Surabaya

Makin tinggi VO2 max seseorang, daya tahannya memang makin baik. Sebelumnya, pemain Persebaya memang sering keteteran terkait dengan kondisi fisik. Rata-rata, pemain-pemain tim berjuluk Green Force itu kehabisan ’’bensin’’ ketika pertandingan memasuki menit ke-70. Aji tidak ingin hal tersebut terjadi. Mantan pelatih Persela Lamongan itu menginginkan setiap anak asuhnya bisa bermain hingga menit ke-90 secara konsisten.

Aji optimistis fisik para pemain Persebaya bisa mencapai VO2 max di angka 60. Sebab, saat tes awal, kondisi para pemainnya belum sepenuhnya prima lantaran baru saja menjalani libur panjang. Proses latihan awal juga baru sebatas pengembalian kondisi.

Fisik pemain baru digenjot saat Persebaya menjalani TC di stadion UNY. Misalnya, yang terlihat dalam latihan kemarin pagi. Lebih dari dua jam Rendi Irwan dkk menjalani menu latihan fisik dengan beragam variasi. ’’Selama berada di Jogja ini, menu latihannya akan terus seperti ini. Speed dan endurance. Kami yakin, begitu memasuki kompetisi, fisik pemain benar-benar siap. Bukan hanya untuk bersaing di kompetisi Liga 1, tapi juga di ASEAN,’’ ujar Aji.

Di sisi lain, meski menu latihan begitu berat dan melelahkan, para pemain Persebaya begitu bersemangat menjalaninya. Bahkan, Mahmoud Eid yang sempat diminta istirahat di sesi akhir tetap ngotot ikut berlatih. Rendi berusaha mengeluarkan jokes agar rekan-rekannya tetap bisa tertawa ketika menu latihannya sangat berat.

’’Kami jalani saja instruksi pelatih. Kami jalani dengan enjoy saja. Apalagi, suasana tim menyenangkan. Saya sebagai pemain baru bisa langsung menyatu dengan teman-teman,’’ ucap striker anyar Persebaya Patrich Wanggai.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads