JawaPos Radar | Iklan Jitu

Diskusi Sepak Bola Nasional Jawa Pos

Sindiran Eks Striker Timnas untuk APPI

18 Desember 2018, 05:05:59 WIB
Rochy Putiray, APPI, Liga 1, Liga 2, Pengaturan Skor
Rochy Putiray nilai APPI hanya mengurusi pemain dari Liga 1 saja (M. Syafaruddin/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Eks penyerang Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Rochy Putiray menyentil Asosiasi Pemain Sepakbola Profesional Indonesia (APPI). Menurut Rochy, APPI hanya mengurusi pemain di Liga 1 saja.

Walaupun berstatus mantan pesepak bola, bahkan pernah memperkuat Timnas Indonesia, Rochy mengaku bukan anggota APPI. Dalam diskusi sepak bola nasional di Jawa Pos, Senin (17/12) siang, Rochy menyinggung peran APPI di sepak bola Indonesia.

“Saya tidak mengerti cara kerja mereka. APPI itu lembaga. Yang mereka urus adalah pemain dengan gaji besar. Padahal banyak pemain Liga 2 dan Liga 3 yang bermasalah dengan gaji,” sentil Rochy.

Rochy mengatakan bahwa kualitas pemain Indonesia bisa menembus kompetisi di level Asia Tenggara. Hanya saja, ada beberapa hal yang mengganjal. “Mental dan karakter yang kurang,” aku eks pemain South China AA dan Kitchee SC itu.

Hal ini tak lain karena beragam masalah sejak usia dini. Salah satu yang jamak terjadi adalah pencurian umur. Hal itu akan berdampak ketika sang pemain tumbuh dewasa dan menjadi pesepak bola profesional.

“Saya bagian dari tim SEA Games 1991, itu hasil jerih payah, hasil kerja. Kami juara SEA Games 1991 tanpa campur tangan bandar judi. Saya bangga menjadi terlibat di tim 1991,” ucapnya.

Rochy juga mengajak pemain, pelatih, dan pengurus untuk berkomitmen menjadikan sepak bola Indonesia lebih maju. Salah satunya dengan memerangi match fixing. “Kalau pemain takut, itu akan merugikan sepak bola Indonesia,” pungkasnya.

Editor           : Edy Pramana
Reporter      : (saf/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up