JawaPos Radar | Iklan Jitu

Diskusi Sepak Bola Nasional Jawa Pos

Manajer Madura FC Duga Anggota Komite Wasit Terlibat Match Fixing

18 Desember 2018, 05:35:59 WIB
Januar Herwanto, Komite Wasit, Madura FC, Pengaturan Skor, Sepak Bola Indonesia
Januar Herwanto, manajer Madura FC, menyebutkan dugaan ada anggota Komite Wasit yang terlibat dalam praktik match fixing (M. Syafaruddin/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Manajer Madura FC, Januar Herwanto buka-bukaan dalam diskusi sepak bola nasional yang diadakan Jawa Pos, Senin (17/12) di Surabaya. Januar mengungkap kejadian-kejadian janggal selama gelaran Liga 2 2018.

Januar membuka cerita tentang pengalamannya bertemu dengan PS Mojokerto Putra (MP). Klub ini disebut-sebut dikelola oleh Vigit Waluyo, salah satu insan sepak bola asal Sidoarjo, Jawa Timur.

Menurut Januar, dia pernah disuruh mengalah. Ketika dia menolak, maka pengadil akan mengeluarkan keputusan-keputusan yang merugikan Madura FC. Menurut Januar, ada sejumlah tim yang ditengarai melakukan hal serupa.

“Cita rasa klub bergantung pemilik klub. Kalau pemilik klub berjudi, ya hilang. Kita lihat saja klub-lub yang sering berdansa di lapangan,” ungkapnya.

“Yang paling bagus teknik mengerjainya itu PSMP, Kalteng Putra, Martapura FC, dan PSS. Kalau desain produknya hampir sama, pola karyanya kan ketahuan bentuknya,” sambung Januar.

Januar juga mengaku bahwa dia pernah dihubungi salah satu anggota Komite Wasit. Orang tersebut menawarkan sebuah ‘bantuan’ kepada Januar dengan imbalan tertentu. Sayang, Januar menolak menyebutkan namanya.

Komite Wasit diketuai oleh Condro Kirono. Sedangkan Juni Ardianto Rachman bertindak sebagai wakil ketua. Sedangkan ketiga anggotanya adalah Purwanto, Nasrul Koto, dan Yesayas Leihitu.

“Dia anggota Komite Wasit yang juga pernah menjadi pelatih,” bebernya. Berdasarkan apa yang disampaikan Januar, sosok yang dia maksud diduga mengarah ke Nasrul Koto. Nasrul pernah menukangi sejumlah tim seperti PSPS Pekanbaru dan Persip Pekalongan.

“Wasit bagi saya ikut andil memecah belah bangsa. Wasit adalah sosok paling 'pengacau' di sepak bola kita,” kecamnya.

Sementara itu, salah satu anggota Komite Wasit Purwanto mengaku tak tahu menahu mengenai tuduhan Januar. “Saya bukan bagian dari penugasan wasit. Saya bagian fitness test. Saya lebih ke teknis,” terang pria asal Kediri itu.

Editor           : Edy Pramana
Reporter      : (saf/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini