alexametrics

Liga 1 Ditunda, Bek Muda Persebaya Fokus Kuliah Online

18 November 2020, 19:10:52 WIB

JawaPos.com-Kompetisi memang tengah ditunda. Latihan Persebaya Surabaya juga diliburkan. Namun, Koko Ari Araya tak lantas bisa bersantai. Bek 20 tahun itu punya kegiatan rutin.

’’Saya sekarang mulai menjalani kuliah online,’’ kata Koko saat ditemui Jawa Pos di Kopi Jiku, Kendangsari.

Koko kini tercatat sebagai mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Dia adalah mahasiswa semester satu fakultas ilmu olahraga.

Untuk jurusan, Koko memilih pendidikan kepelatihan olahraga. Dia punya alasan memilih jurusan tersebut. ’’Karena sesuai skill. Kalau administrasi negara, ya nggak nyambung,’’ katanya, lalu terbahak. Nah, selama menjalani kuliah online, Koko mengaku enjoy.

Lagi pula, durasi kuliah online juga tidak terlalu lama. ’’Biasanya kuliah mulai jam 07.00, lalu selesai jam 10.00,’’ ungkap pemain yang sempat mendapat panggilan timnas itu. Nah, di luar jam tersebut, Koko bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Termasuk latihan mandiri.

Karena itu, Koko sama sekali tidak keberatan jika harus kuliah online. ’’Malah bisa agak santai,’’ tambahnya. Lalu, bagaimana jika nanti sudah diberlakukan kuliah tatap muka? Koko mengaku sedikit kesulitan membagi waktu.

’’Tapi paling kalau pas (Persebaya) ada pertandingan, saya harus minta dispensasi untuk absen,’’ terangnya.

Sejatinya, Koko mengaku fokus kuliah dan sepak bola itu tidak mudah. ’’Kalau dibilang repot, ya pasti repot sih,’’ tegas pemain jebolan tim internal HBS itu. Hanya, dia sudah bertekad untuk menyelesaikan program S-1-nya.

’’Karena ini (kuliah) untuk masa depan. Apalagi, saya laki-laki. Saya juga nggak tahu sampai kapan saya bisa bertahan di sepak bola,’’ pungkas Koko.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gus/c17/ali



Close Ads