alexametrics
Liga 1 2019

PSS Sleman vs Kalteng Putra: Mumpung Tamu Belum Gajian

18 Oktober 2019, 09:00:49 WIB

JawaPos.com – Berada di posisi juru kunci plus gaji pemain belum juga dibayar. Itulah kondisi skuad Kalteng Putra jelang bentrok melawan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, sore ini.

Fakta tersebut tentu bakal memengaruhi performa skuad Kalteng Putra. Di sisi lain, PSS akan bermain di hadapan pendukungnya yang militan. PSS juga berada dalam laju positif setelah menang 2-0 atas Bhayangkara FC (4/10). Sementara itu, Kalteng Putra belum pernah menang dalam enam laga terakhir. Mereka menelan tiga kekalahan dan tiga hasil imbang.

PSS Sleman

Kondisi pemain juga tengah anjlok. Pelatih Kalteng Putra Gomes de Oliveira tak menampik masalah finansial jadi penyebabnya. ’’Jelas memengaruhi mental pemain,’’ katanya. Tapi, dia sudah melakukan pendekatan secara personal dengan para pemainnya. ’’Saya minta agar tetap tampil maksimal. Jangan sampai pulang dari sini (Sleman) dengan hasil yang memalukan,’’ ungkap mantan pelatih Madura United tersebut.

Sayang, persiapan Kalteng Putra sangat minim. Sebab, mereka sempat mogok latihan. Aksi itu mereka lakukan lantaran gaji yang tak kunjung dibayar. ’’Kami sadar akan ada tekanan juga dari suporter. Tapi, pemain sudah siap melakukan yang terbaik untuk mendapatkan poin,’’ kata pelatih asal Brasil tersebut.

Tuan rumah tahu betul tamu tengah limbung. Tapi, pelatih PSS Seto Nurdiantoro tak mau jemawa. Sebab, dia menilai Laskar Isen Mulang –julukan Kalteng Putra– bisa saja memberikan kejutan. ’’Dengan kondisi seperti itu (tidak gajian), mereka mungkin malah termotivasi untuk meraih kemenangan. Motivasi tinggi itu perlu kami antisipasi,’’ ucap pelatih 45 tahun tersebut.

Kalteng Putra

Apalagi, PSS tak akan tampil dengan skuad komplet. Stopper Alfonso de la Cruz dipastikan absen karena cedera. Mungkin, posisinya digantikan Purwaka Yudhi. Sejatinya, kondisi Purwaka juga belum sepenuhnya fit. ’’Tapi sudah saya tanya, sepertinya dia (Purwaka) siap tampil,’’ terang Seto.

Selain itu, di lini depan, PSS terancam tanpa Arsyad Yusgiantoro. Mantan pemain Gresik United tersebut belum fit. Karena itu, Seto meminta anak asuhnya untuk tampil maksimal. Tak perlu memandang kondisi lawan. Sebab, timnya juga tampil pincang. ’’Semoga pemain bisa lepas dan nggak ada beban. Soal hasil, kami serakan kepada Tuhan,’’ tandas Seto.

Perkiraan Pemain
PSS Sleman (4-3-3): 21-Ega Rizky (gk); 18-Jajang Sukmara, 22-Purwaka Yudhi, 44-Ikhwan Ciptady, 3-Bagus Nirwanto (c); 88-Guilherme Batata, 92-Dave Mustain, 33-Ocvian Caniago; 99-Kushyedya Yudo, 10-Yevhen Bokhashvili, 15-Rangga Muslim
Pelatih: Seto Nurdiantoro

Kalteng Putra (4-3-3): 53-Reky Rahayu (gk); 3-Wasiat Hasbullah, 33-Rafael Bonfim, 4-O.K. John, 26-Kevin Gomes; 34-Takuya Matsunaga, 44-I Gede Sukadana (c), 77-Pandy Lestaluhu; 89-Eydison Soares, 88-Patrich Wanggai, 11-Ferinando Pahabol
Pelatih: Gomes de Oliveira

Stadion: Maguwoharjo, Sleman
Live: UseeTV Go pukul 15.30 WIB

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads