alexametrics

Preview PSM vs Persib: Tantangan Berat Bagi Robert Rene Alberts

18 Agustus 2019, 18:02:17 WIB

JawaPos.com—Sudah lima laga Persib Bandung puasa kemenangan. Terakhir kali tim berjuluk Maung Bantung itu meraih angka sempurna ketika menang tipis 0-1 atas PSIS Semarang 21 Juli lalu. Persib pun bertekad kembali meraih kemenangan pada laga nanti malam kontra tuan rumah PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta.

Datang sebagai tamu, Persib sebenarnya punya keuntungan. Pelatih Persib Robert Rene Alberts, musim lalu menjabat sebagai pelatih PSM. Praktis pelatih Alberts paham betul dengan kelebihan dan kelemahan lawan. Apalagi tak banyak perubahan pada komposisi pemain PSM dari musim lalu.

PSM Makassar

”Saya mengenal pemain dan bagaimana mental mereka. Poin yang bagus untuk kami karena sudah tahu apa yang harus dilakukan,” ucap pelatih asal Belanda tersebut.

Meski paham dengan kemampuan mantan timnya, Alberts tak mau terlalu sesumbar. Optimistis tetap ditanamkan, namun dia juga tetap respek kepada pelatih PSM Darije Kalezic. Apalagi ditangan Kalezic, PSM baru saja merasakan gelar Piala Indonesia 2018/2019.

”Ini akan menjadi pertandingan yang menarik dari segi taktikal. Kedua tim memiliki permainan sepakbola yang bagus. Saya sangat menantikan pertandingan ini,” tutur Alberts.

Persib Bandung

Di sisi lain, kapten PSM Wiljan Pluim pun tak gentar menghadapi mantan pelatihnya. Meski mengenal Robert dengan baik, Pluim tetap akan all out pada bentrok nanti malam. ”Sekarang dia (Alberts) di Persib, dan saya tetap di PSM. Ini tidak akan mengubah apapun di pertandingan. Saya tetap profesional untuk PSM,” ucap Pluim.

Hal senada juga disampaikan oleh Kalezic. Pelatih kebangsaan Swiss itu tak mau memusingkan perihal pelatih lawan paham dengan kekuatan timnya. ”Selalu menguntungkan pada saat seorang pelatih mengetahui kualitas lawan. Tetapi kami berbeda dari musim lalu. Kalau pemain melakukan tugasnya dengan baik, kami bisa memenangkan pertandingan,” tegasnya.

Pada duel sore ini, PSM tak bisa full team. Striker Guy Junior harus menepi akibat cedera. Ujung Tombak serangan kemungkinan akan dilimpahkan ke Ferdinand Sinaga.

Memang masih ada striker asing Eero Markkanen. Namun striker jakung itu kurang mendapat kepercayaan dari Kalezic.

Selain Guy, bek kanan Asnawi Mangkualam juga absen akibat akumulasi kartu. Beny Wahyudi yang beberapa kali mengisi bek kiri, diprediksi akan kembali digeser sebagai fullback kanan. Sementara itu, pertahanan sisi kiri akan dipercayakan pada Taufik Hidayat.

”Pemain lainnya sudah siap dan saya percaya mereka. Mudah-mudahan dengan dukungan fans, kami bisa menampilkan game yang bagus dan memastikan tiga poin untuk PSM,” tutur Kalezic.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Wahyu Adinia Srika



Close Ads