alexametrics
Liga 1 2019

Indahnya Bonek dan Suporter PSM Berbagi Tribun di Andi Mattalatta

18 Juli 2019, 15:00:08 WIB

JawaPos.com – Warna merah berbaur dengan warna hijau. Berdampingan tanpa sekat. Begitulah pemandangan di tribun utara Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Rabu malam (17/7). Tidak sekadar berdiri berdampingan. Bonek dan dua kelompok PSM Makassar yang menghuni tribun utara, Laskar Ayam Jantan dan Red Gank, bernyanyi penuh semangat mendukung tim kesayangannya. Tanpa ada ketersinggungan satu sama lain dan tidak ada gesekan.

Tiga kelompok suporter tersebut memilih fokus melantangkan nyanyian untuk menyemangati para pemain tim kebanggaannya. Bukan hanya di tribun utara, di tribun barat pun pendukung Persebaya dan PSM duduk membaur. Sebelum atau saat jeda pertandingan, di antara mereka mengobrol serta bercanda bersama. Benar-benar adem suasananya.

PSM Makassar

’’Kami merasa senang berbagi tribun dengan teman-teman Bonek. Kami menerima mereka dengan tangan terbuka,’’ kata Capo Red Gank Abdul Salam.

Pernyataan pria yang akrab disapa Alam itu tidak berlebihan. Sebab, suporter PSM tidak hanya menerima sekitar 500 Bonek di tribun Stadion Andi Mattalatta. Namun, mereka juga memberikan tempat menginap buat Bonek. Red Gank, misalnya. Ada sekitar 200 Bonek yang mereka tampung di sekretariat.

Kelompok Laskar Ayam Jantan pun membuka pintu markas mereka bagi Bonek. ’’Sebenarnya kami juga terbuka dengan semua suporter. Kami yakin jika baik dengan semua teman-teman suporter, kami akan mendapat perlakuan yang sama dari mereka,’’ kata Alam.

Persebaya Surabaya

Pemandangan sejuk di tribun stadion tersebut mendapat apresiasi dari pemain. ’’Senang rasanya melihat suporter bisa dalam satu tribun tanpa ada gesekan dan nyanyian rasis,’’ ucap pemain Persebaya Irfan Jaya. Pemain kelahiran Bantaeng, Sulawesi Selatan, itu berharap suasana yang tersaji tadi malam juga menular ke stadion-stadion lainnya. ’’Besar harapan kami sebagai pemain suporter di seluruh Indonesia bisa satu tribun seperti tadi,’’ ungkapnya.


Pada ulang tahun ke-70, Jawa Pos mempersembahkan logo khusus untuk suporter sepak bola Liga 1. Logo-logo tersebut kreasi dari tim desain dan ilustrasi Jawa Posdalam menerjemahkan filosofi klub serta para pendukungnya. Logo-logo itu dapat diunduh secara bebas di link berikut ini: https://logofansfc.jawapos.com/

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads