JawaPos Radar

Liga 1 2018

Persebaya Memenangkan Duel Klasik, Tumbangkan PSMS 2-0

18/07/2018, 22:54 WIB | Editor: Bagusthira Evan Pratama
liga 1 2018, Persebaya Surabaya, PSMS Medan, Persebaya 2-0 PSMS, bonek
Persebaya Surabaya memenangkan laga di pekan ke-16 Liga 1 2018. (Dok. Persebaya Surabaya)
Share this image

JawaPos.com – Gol Irfan Jaya dan David da Silva mengantarkan Persebaya Surabaya memenangi duel klasik lawan PSMS Medan, Rabu (18/7) malam di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Ini adalah kemenangan kedua Persebaya selepas libur Lebaran.

Kapten PSMS, Legimin Raharjo melepaskan tendangan spekulasi pada menit keempat. Namun bola sukses diamankan kiper Miswar Saputra. PSMS tampil menyerang pada awal babak pertama. Mereka mengepung dan memaksa Persebaya lebih bertahan sepanjang 15 menit awal pertandingan.

Aksi solo run Wilfried Yessoh membuat gawang Persebaya terancam pada menit ke-19. Namun Miswar Saputra berani keluar dari sarangnya untuk mematahkan tusukan Yessoh. Persebaya benar-benar menemui jalan buntu selama 30 menit babak pertama berjalan. Serangan dari kedua sektor sayap berhasil dibaca oleh pemain PSMS.

Selain serangan yang tajam, PSMS juga memiliki pertahanan yang sangat kuat. Ada delapan hingga sembilan pemain yang berada di wilayah pertahanan ketika PSMS diserang. Tapi tembok itu akhirnya diruntuhkan oleh Irfan Jaya pada menit ke-36. Irfan dalam posisi tak terkawal saat menjebol gawang PSMS yang dijaga Abdul Rohim.

Peluang David da Silva menjadi kesempatan terakhir Persebaya pada babak pertama. Sayang tembakannya pada menit ke-45 berhasil digagalkan Abdul Rohim. Tak ada tambahan gol hingga turun minum. Persebaya menutup babak pertama keunggulan 1-0.

Tuan rumah membuka babak kedua dengan peluang Fandry Imbiri pada menit ke-53. Tapi sundulannya yang memaksimalkan sepak pojok Irfan Jaya, melambung tipis di atas mistar gawang. Semenit berikutnya giliran Irfan Jaya yang mengancam. Namun tembakan Irfan melebar di kiri gawang.

Pemain baru Persebaya, Raphael Maitimo menjalani debutnya di pertandingan ini. Pemain pinjaman dari Madura United itu merumput pada menit ke-59. Gelandang naturalisasi tersebut menggantikan Ferinando Pahabol. Persebaya semakin memperkuat lini tengah dengan memasukkan Misbakhus Solikin pada menit ke-66.

Kesempatan untuk PSMS lahir dari tendangan mendatar Dilshod Sharofetdinov pada menit ke-69. Namun bola mendarat di pelukan Miswar Saputra. Pada menit yang sama persebaya harus kehilangan bek Fandry Imbiri akibat cedera. Posisinya digantikan pemain baru OK John pada menit ke-72.

OK John menjadi pengganti sepadan untuk Fandry. Walaupun baru dua hari gabung latihan, pemain berdarah Nigeria itu sudah tune in dengan tim Persebaya. Persebaya mendominasi permainan dan pertandingan pada 15 menit akhir babak kedua. Sayang mereka kurang tenang dalam mengeksekusi peluang.

David da Silva menyempurnakan kemenangan Persebaya menjadi 2-0 pada menit ke-90. Diawali thru pass cantik Maitimo, sepakan David bersarang di pojok kanan gawang.

Susunan Pemain
Persebaya Surabaya: 33-Miswar Saputra, 14-Ruben Sanadi, 22-Abu Rizal Maulana, 5-Otavio Dutra, 21-Fandry Imbiri (4-OK John, 72'), 96-M. Hidayat, 10-Robertino Pugliara (6-Misbakhus Solikin, 66'), 8-Oktafianus Fernando, 41-Irfan Jaya, 11-Ferinando Pahabol (Raphael Maitimo,59'), 17-David da Silva
Pelatih: Angel Alfredo Vera

PSMS Medan: 20-Abdul Rohim, 98-Fredyan Sugiyantoro, 4-Reinaldo Lobo, 16-M. Roby, 3-Firza Andika, 24-Legimin Raharjo, 8-Abdul Aziz (9-Choiril Hidayat, 72'), 30-Dilshod Sharofetdinov, 17-Antoni Putro Nugroho, 53-Erwin Ramdani, 11-Wilfried Yessoh
Pelatih: Peter Butler

Wasit: Nusur Fadilah

(saf/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up