alexametrics

Persebaya Berikan Kesempatan kepada Mantan Pemain Timnas U-23

18 Mei 2022, 23:37:46 WIB

JawaPos.com-Persebaya Surabaya kedatangan satu pemain anyar. Dia adalah penyerang sayap berusia 27 tahun Ahmad Nufiandani. Pemain asal Kediri itu sudah menjalani latihan sejak Senin (16/5) lalu.

Pelatih Persebaya Aji Santoso belum mengungkapkan lebih jauh soal status Nufiandani di tim. Yang jelas, Aji masih ingin melihat kondisi Nufiandani dalam beberapa hari ke depan.

’’Nufiandani masih ikut latihan, nanti kita lihat ke depannya seperti apa,” kata Aji. ’’Saya masih lihat kondisi dia,” imbuh pelatih 52 tahun itu.

Aji pernah secara langsung menangani Nufiandani ketika menjadi pelatih timnas Indonesia U-23 pada 2015. Saat itu, Indonesia yang bertanding di ajang SEA Games gagal meraih medali setelah kalah 0-5 oleh Vietnam dalam perebutan medali perunggu.

Nufiandani lalu pindah dari Arema Cronus ke PS TNI (kini berubah nama menjadi Persikabo 1973) pada 2017. Sampai musim lalu, pemain berpostur 178 cm itu masih berstatus pemain Persikabo.

Namun, pada putaran pertama Liga 1 2021–2022, dia lebih sering tampil dari bangku cadangan. Dari sepuluh laga yang dimainkan, hanya sekali dia turun sebagai starter.

Karena itu, di putaran kedua, Nufiandani dipinjamkan ke klub kota kelahirannya, Persik Kediri. Bersama tim berjuluk Macan Putih itu, Nufiandani tampil enam kali dengan empat di antaranya turun sebagai pemain pengganti.

Selain Nufiandani, Persebaya masih memberikan kesempatan kepada empat pemain seleksi. Yaitu, Ridho Kurniawan, Syaiful, Wahyudi, dan Mahir Radja.

Rencananya, Aji bakal menentukan nasib empat pemain seleksi tersebut dalam laga persahabatan lawan Persis Minggu (22/5) mendatang. ’’Setelah uji coba lawan Solo, kami tentukan,” kata Aji.

Mahir, satu dari empat pemain seleksi tersebut, bertekad memberikan yang terbaik untuk Persebaya. Dia pun siap menunjukkan kemampuan jika diberi kesempatan dalam laga uji coba bertajuk Surabaya 729 Game lawan Persis. ’’Harus siap. Apa pun itu, intinya harus siap,” tegas Mahir.

’’Target saya kalau dikasih waktu sama pelatih, saya mau kasih yang terbaik untuk tim ini. Berapa pun menit bermain yang dikasih. Pokoknya saya mau maksimal untuk tim ini,” imbuh gelandang yang musim lalu membela Persiba Balikpapan tersebut.

Sementara itu, saat ini Aji masih fokus mengembalikan kondisi fisik pemain. Dia ingin memastikan seluruh pemain dalam kondisi fit ketika laga persahabatan melawan Persis (22/5).

’’Saya benar-benar mengatur ritme latihan. Supaya pemain dalam kondisi optimal, tapi tidak terlalu capek. Intensitas yang harus saya berikan kepada pemain tidak boleh salah,” jelas Aji.

Tapi, karena waktu yang singkat, tim pelatih Persebaya belum banyak memberikan materi latihan taktik kepada anak didiknya. Meski begitu, Aji tetap berusaha menjelaskan cara bermain Persebaya yang dia inginkan.

’’Tiga komponen dalam sepak bola, bagaimana bertahan, bagaimana menyerang, bagaimana transisi, baik negatif maupun positif, belum saya berikan kepada mereka karena belum waktunya,” ujar Aji.

’’Tetapi, pelan-pelan saya sampaikan ke anak-anak untuk beradaptasi dengan cara main yang saya inginkan. Paling tidak pemain memahami bagaimana Persebaya bermain ketika kompetisi,’’ pungkas eks pelatih PSIM Jogjakarta tersebut.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : ka/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads