alexametrics

Pemain Korsel Pernah Akan Disuap Mafia Sepak Bola Indonesia

18 Maret 2019, 01:10:15 WIB

JawaPos.com – Pemain asal Korea Selatan, Park Chul-hyung, membeberkan fakta pengaturan skor di Indonesia. Dia bahkan pernah akan disuap untuk mengalah pada sebuah pertandingan, tetapi dia menolak.

Nama Park Chul-hyung tak asing bagi sepak bola Indonesia. Sejak datang pada 2010 lalu ke Indonesia, dia memperkuat sejumlah klub. Mulai dari Persema Malang, Semen Padang, PSPS Pekanbaru, Persela Lamongan, Gresik United, hingga Mitra Kukar.

Dalam akun Youtube Korea Reomit, Park Chul-hyung membeberkan bahwa dirinya pernah coba disuap oleh mafia sepak bola Indonesia. Namun hal itu ditolaknya secara mentah-mentah.

“Mereka datang kepada saya untuk minta memanipulasi pertandingan, tetapi saya tolak. Saya mau jadi atlet sepak bola untuk jangka panjang. Dijanjikan nominal besar, tetapi saya tak tahu apakah itu benar diberikan seperti yang dijanjikan,” beber Park Chul-hyung.

Park Chul-hyung menyebut kalau pasaran mafia di sepak bola Indonesia sangat besar. Bahkan bursa taruhan sangat menarik untuk pemenang.

“Kalau ada yang pasang uang Rp 10 juta untuk klub bawah, maka dia akan mendapat Rp 70 juta untuk yang memasang klub dengan peringkat bawah. Penghasilan inilah yang dicari oleh orang seperti itu,” ungkap Park Chul-hyung.

Pemain yang diberi tawaran, lanjut dia, rata-rata berposisi sebagai bek atau kiper. Kalau penyerang diminta untuk tak mencetak gol. “Kalau saya bek, diminta pura-pura jatuh atau terpeleset. Tinggal kipernya juga sudah disuap. Jadi sudah ada perjanjian arah tendangannya dan terjadilah gol,” tutup Park Chul-hyung.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Indra Eka Setiawan

Copy Editor :

Pemain Korsel Pernah Akan Disuap Mafia Sepak Bola Indonesia