alexametrics

Lakoni 2 Laga, 2 Pemain PSM Rebut Gol Terbaik AFC Cup 2019

18 Maret 2019, 18:11:52 WIB

JawaPos.com – Perjalanan PSM Makassar di AFC Cup 2019 cukup menjanjikan. Tak hanya meraih hasil positif karena belum terkalahkan dalam dua laga, dua pemain PSM pun meraih predikat gol terbaik secara beruntun.

Peraih Gol Terbaik pada matchday 1 adalah Eero Markkanen. Penyerang Timnas Finlandia itu berhasil terpilih menjadi pencipta gol terbaik di laga perdana PSM menghadapi Home United.

Memanfaatkan umpan lambung dari M Rahmat, Markkanen mencetak gol keras dari dalam kotak penalti dengan sebuah tendangan voli. Pertandingan yang digelar di Stadion Jalan Besar, Singapura, pada 27 Februari lalu itu berakhir dengan skor 1-1.

Pada matchday 2, giliran Marc Anthony Klok yang meraih perolehan suara terbanyak untuk menjadi pencetak gol terbaik AFC Cup. Gol gelandang pengangkut air Juku Eja itu mengalahkan tiga nomine lain di babak kualifikasi grup.

Pemain berkebangsaan Belanda itu memang mencetak gol spektakuler saat PSM menang 7-3 atas Lao Toyota di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (13/3) lalu. Klok melesatkan tendangan first time dari luar kotak penalti setelah menerima umpan silang dari Taufik Hidayat di sayap kiri.

Perolehan suara kedua pemain PSM itu, tertuang dalam pengumuman di laman resmi AFC. “The-AFC.com memilih Marc Klok dari PSM Makassar sebagai pemenang gol terbaik setelah pemungutan suara di situs resmi AFC,” bunyi pernyataan AFC, Senin (18/3).

Sama halnya dengan Eero, dalam pemungutan suara yang ditutup pada Jumat (16/3) lalu, popularitas Klok unggul jauh. Klok meraih 35.784 suara atau 80 persen dari total pemilih. 

Perolehan suara Klok tak mampu disaingi Baha Faizal (Al Wehdat) dengan perolehan suara 8.034 (18 persen). Sementara pesaing lainnya seperti Bassel Moustafa (Al Jaiz) memperoleh 583 suara (1 persen), dan pemain Qadsia FC, Yousef Nazer hanya kebagian 154 suara saja.

Khusus Klok, sebelum membawa timnya menang telak atas wakil Laos tersebut, ia sempat dibuat frustrasi. Beberapa kali kesempatan yang didapatkan sepanjang babak pertama belum bisa dimanfaatkan dengan baik.

Salah satu momen krusial yang membebani dirinya adalah saat gagal mencetak gol dari titik penalti. Tendangan Klok yang jadi eksekutor saat itu sukses dimentahkan kiper Outthilath Nammakhoth.

Namun, Klok mengaku senang karena timnya memetik kemenangan perdana di AFC Cup 2019. Karena sebelumnya mereka ditahan imbang Home United dengan skor 1-1. “Senang bisa tetap masuk daftar pencetak gol,” kata Klok melalui akun Instagram pribadinya.

Editor : Agus Dwi W

Reporter : Sahrul Ramadan

Copy Editor :

Lakoni 2 Laga, 2 Pemain PSM Rebut Gol Terbaik AFC Cup 2019