alexametrics
Piala Gubernur Jatim 2020

Persija Siap Hadapi Persebaya atau Arema, Di Mana Saja Tak Masalah

18 Februari 2020, 08:00:55 WIB

JawaPos.com – Trofi Piala Gubernur Jatim (PGJ) 2020 terancam lepas ke luar Jawa Timur. Itu bisa saja terjadi setelah Persija Jakarta berhasil memastikan diri melaju ke babak final. Macan Kemayoran –julukan Persija– menggenggam satu tiket partai puncak setelah dalam laga semifinal tadi malam (17/2) di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, berhasil menghentikan perlawanan Madura United dengan skor 2-1.

Dari 12 penyelenggaraan sebelumnya, Persela Lamongan dan Persik Kediri masing-masing berhasil menjadi juara lima kali. Sedangkan Persebaya Surabaya dan Arema masing-masing menjadi jawara sekali.

Di laga final Kamis (20/2) Persija akan menghadapi pemenang laga Persebaya versus Arema FC. Soal calon lawan, pelatih Persija Sergio Farias tak mau ambil pusing. ”Saya tunggu saja laga besok (hari ini, Red). Saya akan menonton laga itu di hotel dan mempelajari kekuatan calon lawan,” kata pelatih asal Brasil tersebut.

Hal senada diungkapkan winger Persija Riko Simanjuntak. Menurut dia, tak ada masalah mau bertemu dengan siapa pun. ”Yang penting, kami pikirkan tim Persija saja,” ucapnya.

Karena sudah ada di final, Riko tak mau tanggung-tanggung. Dia berharap Persija mampu meraih trofi juara. Tak peduli melawan siapa dan bermain di stadion mana. ”Kami siap menghadapi siapa saja dan bertekad membawa Piala Gubernur Jatim ke Jakarta,” tegas mantan pemain Gresik United itu.

Masalahnya, ungkap Farias, anak asuhnya kelelahan. ”Kami memainkan empat laga dalam tujuh hari,” cetusnya. Apalagi, dalam laga tadi malam, Persija meraih kemenangan dengan susah payah. Juara Liga 1 2018 tersebut sempat unggul 2-0 melalui gol Marko Simic (4’) dan Novri Setiawan (57’). Tapi, Madura United memperkecil ketertinggalan melalui gol Greg Nwokolo pada menit ke-71. ”Untungnya, anak-anak punya fighting spirit untuk mempertahankan kemenangan,” katanya.

Di sisi lain, kekalahan tadi malam sama sekali tidak disesali Madura United. Pelatih Madura United Rahmad Darmawan menyatakan, anak asuhnya sudah bermain dengan sangat baik. ”Anak-anak sudah menampilkan yang terbaik. Mereka sudah berupaya untuk menang,” ujar pelatih yang akrab disapa RD tersebut.

Lagi pula, RD menerapkan skema anyar dalam laga tadi malam. Jika biasanya memakai formasi 4-3-3, dia menjajal skema 4-4-2 dalam laga kontra Persija. Menurut RD, hasil skema anyar itu tak terlalu mengecewakan. Bahkan, dia menilai anak asuhnya bisa saja meraih kemenangan. Sebab, RD melihat banyak peluang yang terbuang.

Kiper M. Ridho berkata senada dengan sang pelatih. Dia menilai penampilan rekan-rekannya sudah sangat bagus. Peluang yang diperoleh juga tak sedikit. ”Kami kurang beruntung saja,” ucap mantan kiper Borneo FC itu.

Nah, finishing yang kurang oke tersebut akan jadi bahan evaluasi bagi RD sebelum kompetisi Liga 1 2020 dimulai akhir Februari. ”Karena kami mendominasi peluang, tapi tidak ada gol tambahan,” tambah mantan pelatih Persija itu.

Tapi, RD tak mau menyalahkan pemain. Apalagi, kekalahan tersebut masih terjadi di ajang pramusim. ”Tapi, kalau dibilang puas, ya pasti saya nggak puas karena kalah di semifinal,” ungkapnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads