alexametrics
Piala Gubernur Jatim 2020

Persebaya vs Arema FC: Kekuatan Pincang, tapi Ambisi Maksimal

18 Februari 2020, 07:30:29 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya memang sudah terbiasa bermain di tempat netral. Bahkan, dalam laga terakhir di tempat netral, Green Force –julukan Persebaya– mampu menggulung Arema FC 4-1 di Stadion Batakan, Balikpapan. Kemenangan itu diraih di Liga 1 pada 12 Desember tahun lalu.

Nah, kedua tim akan kembali bentrok pada babak semifinal Piala Gubernur Jatim (PGJ) 2020. Kebetulan pula, pertandingan bakal dihelat lagi di tempat netral. Kali ini laga bertajuk derbi Jatim tersebut berlangsung di Stadion Gelora Soeprijadi, Kota Blitar (live MNCTV pukul 15.30 WIB).

Persebaya Surabaya

Persoalannya, Persebaya datang dengan kondisi yang pincang. Tim asuhan Aji Santoso itu tidak bisa memainkan Rachmat Irianto, Hansamu Yama, dan Koko Ari Araya. Ketiganya harus mengikuti pemusatan latihan timnas senior.

Ditambah lagi, kondisi beberapa pemain belum fit. Aryn Williams dipastikan menepi lantaran mengalami cedera hamstring. Irfan Jaya dan Mahmoud Eid juga mungkin masih absen. Irfan demam. Mahmoud masih dibekap cedera hamstring. Memang, keduanya berlatih di Blitar kemarin sore (17/2). ’’Tapi, kondisi mereka masih fifty-fifty. Saya masih harus melihat kesiapan mereka sampai besok (hari ini, Red),’’ ujar pelatih Persebaya Aji Santoso.

Selain itu, kondisi Nasir belum fit. Padahal, bek sayap tinggal menyisakan Nasir dan Abu Rizal Maulana. ’’Nasir sudah lama tidak latihan. Mudah-mudahan, dalam laga besok (hari ini), dia sudah siap turun,’’ tutur pelatih 49 tahun tersebut.

Sebetulnya ada opsi untuk menurunkan M. Syaifudin. Masalahnya, bek 27 tahun itu juga baru saja pulih dari cedera kepala. Cedera tersebut diperoleh ketika Persebaya menghadapi Sabah FA. ’’Sangat riskan kalau saya masukkan (Syaifudin) dalam tim,’’ jelas Aji.

Apalagi, Syaifudin sudah absen latihan selama lima hari. Praktis, pemain asli Suroboyo itu tidak berada dalam kondisi terbaik. ’’Kalau pemain sudah istirahat total selama tiga hari, kondisinya pasti tinggal 30 persen. Jadi, tidak akan maksimal di lapangan,’’ ungkap mantan pelatih Persela Lamongan tersebut. ’’Siapa pun yang turun, saya pastikan itu tak bakal mengubah gaya permainan Persebaya,’’ tegas Aji.

Meski banyak yang absen, Aji tetap santai. Toh, dia sudah mempersiapkan pemain pengganti. Suasana rileks itu tergambar dalam sesi latihan kemarin. Persebaya menjalani latihan terbuka di lapangan Kelurahan Kauman, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar. Latihan ringan tersebut berlangsung sejak pukul 15.00 hingga pukul 16.30. Sejumah warga, mulai anak-anak hingga orang dewasa, antusias menonton jalannya latihan. ’’Walau tidak 100 persen, saya optimistis bisa raih hasil maksimal,’’ katanya.

Aji sadar, Arema sekarang bukan Arema yang dikalahkan Persebaya 4-1 di Stadion Batakan, Balikpapan, pada Liga 1 musim lalu. ’’Mereka (Arema FC) berbeda dengan musim lalu. Banyak pemain muda yang punya fighting spirit. Pelatihnya (Mario Gomez) juga bagus,’’ papar Aji. ’’Ini akan menjadi laga yang menarik,’’ lanjutnya.

Arema FC

Pelatih Arema FC Mario Gomez sepakat dengan Aji. Dia tahu Persebaya tidak bakal tampil dengan kekuatan terbaik. Namun, pelatih asal Argentina itu menilai Green Force tetap menjadi ancaman. ’’Mereka (Persebaya) adalah tim yang sangat kuat,’’ kata mantan pelatih Persib Bandung tersebut saat dihubungi Jawa Pos kemarin sore.

Arema pun sejatinya tidak bisa turun dengan kekuatan penuh. Mereka kehilangan empat pemain. Hendro Siswanto, Bagas Adi Nugroho, dan M. Rafli bergabung dengan timnas. Selain itu, bek asal Uruguay Matias Malvino masih dibekap cedera.

’’Yang penting, pemain bisa turun dengan kekuatan maksimal dan sesuai dengan strategi yang diinginkan,’’ ujar Charis Yulianto, asisten pelatih Arema FC. Dia juga meminta anak asuhnya tidak terbebani meski bermain di laga derbi. Mantan bek timnas itu meminta pemainnya tampil enjoy. ’’Nikmati permainan dan bermain dengan hati tanpa melupakan tugas masing-masing,’’ tuturnya.

Nah, jika Persebaya melakukan latihan terbuka, Arema justru sebaliknya. Skuad Singo Edan kemarin mengadakan latihan tertutup di Stadion Gelora Soeprijadi. Masyarakat maupun awak media dilarang masuk ke lokasi latihan.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads