alexametrics
Piala Gubernur Jatim 2020

Blitar Kerahkan 710 Personel dan Pengamanan Tiga Ring saat Derbi Jatim

18 Februari 2020, 11:00:56 WIB

JawaPos.com – Laga semifinal Piala Gubernur Jatim (PGJ) 2020 sore nanti memang berstatus tanpa penonton. Namun, pihak keamanan tetap menyiagakan personelnya. Total, ada 710 personel yang disiagakan dalam pertandingan bertajuk derbi Jatim itu. Nanti kepolisian menerapkan pola pengamanan sistem ring.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela. Menurut dia, ada tiga ring yang diterapkan dalam pengamanan laga itu. Ring 1 berada di lokasi pertandingan, yakni stadion. Lalu, ring 2 berada di kawasan seputar stadion. ’’Ring 3 di sejumlah akses jalan menuju Kota Blitar dan stadion,’’ tuturnya di Mapolres Blitar Kota kemarin seperti dikutip Radar Tulungagung.

Personel yang dilibatkan bukan hanya anggota kepolisian, tetapi juga TNI dan instansi terkait lainnya. ’’Kami tempatkan petugas di titik-titik rawan yang sudah ditentukan. Mereka nanti menyebar,’’ jelasnya.
Dia mengimbau suporter untuk nonton bareng di luar atau tempat yang disediakan. ’’Ini termasuk upaya kami untuk memecah konsentrasi penonton yang ingin ke stadion,’’ katanya.

Karena itu, pihaknya meminta kelurahan menyiapkan tempat-tempat untuk nonton bareng. ’’Karena nanti disiarkan secara live di TV, jadi bisa langsung dilihat,’’ ujar perwira berpangkat dua melati tersebut.
Selain itu, jelang pertandingan nanti, sejumlah titik ruas jalan menuju stadion akan ditutup. Setidaknya, ada enam titik ruas jalan yang dijaga ketat. Termasuk ruas jalan perbatasan antara kabupaten dan Kota Blitar.

’’Jika nanti ada konvoi, kami hentikan dulu sebelum masuk kota. Kami lakukan pemeriksaan secara ketat untuk mengantisipasi benda-benda tajam atau berbahaya yang dibawa suporter,’’ jelasnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : JPG

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads