alexametrics
Liga 1 2019

PT LIB Warning Persebaya agar Bonek Tidak Datang ke SUGBK

17 Desember 2019, 13:53:47 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya akan berhadapan dengan Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, malam ini. Itu menjadi laga kandang terakhir Macan Kemayoran pada musim ini di Liga 1. Dan, juga menjadi momen perpisahan striker Persija Bambang Pamungkas yang akan pensiun.

Karena itu, diyakini pertandingan akan ramai dengan penonton dan berjalan seru meski juara Liga 1 sudah dipastikan dan tiga tim yang terdegradasi sudah terkunci. Daya tarik itulah yang membuat PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberikan warning dengan tegas kepada Persebaya.

Persebaya Surabaya

Ya, Persebaya mendapatkan warning dari PT LIB selaku operator kompetisi. Dalam surat bernomor 468/LIB/XII/2019 yang ditujukan kepada manajemen Persebaya, mengingatkan bahwa implementasi larangan bermain tanpa dukungan suporter berlaku sampai akhir musim Liga 1 2019, termasuk saat melawan Persija.

Hukuman berat kepada Persebaya itu merupakan buntut dari kasus kerusuhan suporter yang terjadi saat Green Force menjamu PSS Sleman di Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada 29 Oktober 2019.

Saat itu, Persebaya menelan kekalahan 2-3 dari tamunya. Setelah laga usai, sebagian penggemar Persebaya turun ke lapangan dan merusak fasilitas stadion seperti bangku pemain dan papan iklan. Selain dihukum menjalani pertandingan tanpa penonton, Persebaya juga dijatuhi denda sebesar Rp200 juta.

Klub kota Pahlawan itu telah mengajukan banding kepada PSSI. Namun Komite Banding PSSI menolak upaya tersebut. Setelah bermain melawan Persija, Persebaya akan menutup liga musim ini dengan menjamu tim yang sudah dipastikan terdegradasi Perseru Badak Lampung pada Minggu 22 Desember.

Anggota Bonek Jabodetabek Joe Oktavano berharap, Bonek tidak datang ke stadion, terutama yang berdomisili di Jabodetabek. ’’Selain Persebaya masih dihukum, hubungan dengan suporter tuan rumah belum bagus. Mendukung tidak harus datang ke stadion. Lebih baik berikan doa. Sepak bola tidak sebanding dengan nyawa,’’ ujar Joe

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : antara


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads