alexametrics
Liga 1 2019

Persija vs Persebaya: Berharap Main Fair Play, Bisa Kejar Pentas Asia

17 Desember 2019, 11:49:41 WIB

JawaPos.com – Persipura Jayapura dan Bhayangkara FC sama-sama meraih poin maksimal tadi malam. Hasil itu memengaruhi konfigurasi papan atas klasemen sementara Liga 1 2019. Persebaya Surabaya yang sempat mendekati zona Asia harus terlempar ke posisi lima besar.

Namun, Green Force –julukan Persebaya– masih bisa menjaga peluang lolos ke pentas Asia. Ya, asa itu bisa terjaga asalkan malam nanti mereka bisa mengalahkan Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Syarat yang lumayan berat. Sebab, meski tidak mengejar misi apa pun di sisa laga musim ini, Persija tak akan memberikan poin secara cuma-cuma.

Persija Jakarta

’’Dua pertandingan terakhir akan kami maksimalkan. Semoga kami dapat poin yang positif di pertandingan besok (hari ini),’’ tutur Aji Santoso, pelatih Persebaya.
Rentetan tujuh laga tak terkalahkan menjadi modal berharga bagi Aji dan pasukannya. Modal itu pula yang membuat Persebaya tak gentar bermain di hadapan puluhan ribu suporter Persija. Sebab, dalam tujuh laga terakhir itu, Persebaya praktis kurang mendapat dukungan suporter akibat sanki dari Komdis PSSI.

’’Saya datang ke Persebaya ditargetkan oleh manajemen menyelamatkan tim ini dari degradasi. Alhamdulillah bisa sukses dan bertahan di papan atas. Target pribadi selanjutnya adalah meraih hasil maksimal di sisa laga,’’ lanjut Aji.
Aji berharap anak asuhnya tetap fight di dua laga sisa. Selain masih berharap bisa meraih tiket Asia, dua laga sisa menjadi bahan evaluasi untuk menilai siapa saja yang layak bertahan musim depan.

’’Saya harap main fair play. Ini pertandingan seru. Kami akan mengeluarkan segenap kemampuan untuk raih hasil maksimal,’’ tegasnya.

Persebaya Surabaya

Disinggung soal rahasia membuat Persebaya bangkit dan tak terkalahkan, Aji menegaskan ada dua faktor. Sayang, dia merahasiakan faktor pertamanya. ’’Faktor kedua adalah saya menekankan pemain nyaman bermain di bawah kendali saya. Menikmati pertandingan dengan strategi yang saya berikan,’’ beber mantan pelatih Persela Lamongan tersebut.

Hal senada disampaikan kapten Ruben Sanadi. Dia menuturkan, rekan-rekannya memang sangat enjoy ketika Aji berada di kursi kepelatihan. Mantan pelatih Persela itu memberikan banyak perubahan kepada tim. Ruben berharap dirinya dan rekan-rekan tetap enjoy dalam laga krusial malam nanti. ’’Kami akan menikmati pertandingan. Strategi sudah ada dan kami tetap rendah hati. Jika Tuhan kehendaki, rezeki (3 poin) akan datang,’’ harap Ruben.

Persebaya kali ini datang dengan komposisi yang lebih komplet. Itu seiring bergabungnya Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay. Namun, skuad yang dibawa ke Jakarta tetap terbatas. Yakni, 18 pemain. Dari 18 nama, Rendi Irwan dan Fandi Eko Utomo tak ada dalam skuad.

Sementara itu, pelatih Persija Edson Tavares memastikan laga malam nanti akan berlangsung seru. Bahkan, dia menyebut laga Persija melawan Persebaya bak derbi yang ditunggu masyarakat Indonesia. ’’Suporter harus datang, stadion harus penuh,’’ kata Tavares.

Uniknya, menjelang laga big match, Tavares justru tidak melakukan official training. Dia memilih memberikan istirahat penuh kepada pemainnya. ’’Jarak pertandingan hanya empat hari. Pagi tadi latihan di Sutasoma, bukan di sini (GBK). Itu juga hanya recovery,’’ bebernya.

Perkiraan Pemain
Persija  Jakarta (4-3-3) : 26-Andritany Ardhiyasa (g/k); 16-Tony Sucipto, 19-Fachruddin Aryanto, 2-Alexandre Luiz Reame ‘Xandao’, 14-Ismed Sofyan; 7-Ramdani Lestaluhu, 4-Ryuji Utomo, 32-Rohit Chand; 25-Riko Simanjuntak, 9-Marko Simic, 20-Bambang Pamungkas
Pelatih: Edson Tavares
 
Persebaya  (4-4-3):33-Miswar Saputra (pg); 14-Ruben Sanadi (k), 5-Otavio Dutra, 23-Hansamu Yama, 22-Abu Rizal; 28-Aryn Williams, 96-M. Hidayat, 88-Alwi Slamat ; 20-Osvaldo Haay, 7-David da Silva, 90-Diogo Campos
Pelatih: Aji Santoso
 
 
Stadion Utama Gelora Bung Karno
18.30 live Indosiar
 

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : rid/bas


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads