alexametrics
Liga 1 2019

Persija Berharap Happy Ending dalam Perpisahan Bambang Pamungkas

17 Desember 2019, 11:56:54 WIB

JawaPos.com – ”Kamu harus jadi pemain timnas, kamu harus jadi pemain penting di negara ini,’’ kata Andritany Ardhiyasa mengingat ucapan Bambang Pamungkas beberapa tahun silam. Kalimat penyemangat itu yang membuat Andritany bisa berada di posisi seperti sekarang. Yakni, menjadi kiper utama timnas senior.

Nah, sosok yang menjadi penyemangat Andritany itu bakal gantung sepatu. Bepe –sapaan akrab Bambang Pamungkas– akan menjadikan laga melawan Persebaya Surabaya sebagai laga kandang terakhirnya bersama Persija. ’’Besok (hari ini, Red) katanya pertandingan terakhir dia di home Persija. Saya sendiri kalau memang dia harus pensiun benar-benar sangat kehilangan,’’ ujar Andritany.

Persija Jakarta

’’Dia memberikan banyak masukan ke saya hingga jadi seperti ini sekarang,’’ imbuhnya.

Bagi dia, Bepe adalah sosok terpenting di Persija. Pemain 39 tahun itu merupakan sosok yang bisa mengayomi pemain-pemain muda di Macan Kemayoran –julukan Persija. ’’Kalau mau lihat profesional sejati, lihat ke Bepe. Dia paket komplet,’’ katanya.

Andritany juga ingat salah satu momen ketika dirinya keluar dari Persija bersama Bepe pada 2012. Saat dirinya tidak gajian di Persija. ’’Dia membesarkan hati saya. Saya tidak bermain setengah musim saat itu. Dia menelepon dan bilang, ’Suatu saat saya dan kamu akan kembali ke Persija, juara bersama, angkat piala bersama.’ Itu terwujud tahun lalu,’’ ungkapnya dengan mata berkaca-kaca.

Pensiunnya Bepe juga disayangkan pelatih Persija Edson Tavares. ’’Saya tidak punya waktu untuk memberikan yang terbaik kepadanya. Saat ini kepala saya masih berpikir bagaimana caranya membuat Bepe mengakhiri karir dengan bahagia,’’ terang Tavares.

Bisa jadi Tavares ingin memberi Bepe kesempatan bermain malam nanti. Persoalannya, di lini depan sudah ada Marko Simic yang sedang on fire. ’’Ini cukup jadi masalah. Dia (Bepe, Red) belum cetak gol musim ini. Tapi, saya masih berpikir dan berbicara kepada kapten (Andritany) bagaimana membuatnya bahagia besok (malam nanti, Red),’’ tuturnya.

Tavares berharap, jika Bepe pensiun, Persija tetap memanfaatkan tenaganya. ’’Klub harus menjaganya. Dia bagus untuk klub. Sikapnya masih dibutuhkan Persija,’’ tegasnya.

Bepe sendiri ketika ditanya Jawa Pos soal pertandingan terakhirnya malam ini tidak berkomentar banyak. Tapi, dia membenarkan bahwa laga melawan Persebaya Surabaya akan jadi laga home terakhirnya bersama Persija sebagai pemain. ’’Begitulah Mas Bro, wis wayahe,’’ papar Bepe.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : rid/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads