alexametrics

Ternyata Hanya Garang di 20 Menit Awal

17 Oktober 2021, 12:39:00 WIB

JawaPos.com-Wajah pelatih karteker Persik Kediri Alfiat terkejut ketika sundulan Andreas Aldo pada menit ke-21 masuk ke gawang yang dijaga Dikri Yusron. Dia seakan tidak percaya.

Upaya 20 menit awal babak pertama yang menekan habis PSIS di Stadion Manahan, Solo, (15/10) hancur begitu saja lewat gol Aldo.

Wajahnya kian memerah, bingung. Sebab, setelah Aldo mencetak gol, permainan anak asuhnya malah semakin kacau. Banyak kesalahan yang dilakukan. Ujungnya, gol kedua Mahesa Jenar –julukan PSIS– tercipta melalui Septian David pada menit ke-32.

Praktis, setelah itu keadaan berbalik. PSIS lebih banyak menekan. Dampaknya, gol ketiga bersarang ke gawang Macan Putih –julukan Persik– melalui aksi individu bek kanan PSIS Fredyan Wahyu pada menit ke-43.

”Kami kecolongan setelah menit ke-20. Main bagus di babak awal, lalu kecolongan, pemain akhirnya down,” ujar Alfiat.

Persik Kediri pun harus rela merasakan kekalahan keempatnya musim ini di Liga 1. Atau, kekalahan perdana di seri kedua. ”Padahal, kami sudah mengubah sistem permainan di babak kedua, tapi tidak bisa mengejar kekalahan,” jelasnya.

Alfiat menyatakan, di babak kedua, dirinya mencoba memakai dua bek tengah. Tidak seperti babak pertama yang menerapkan formasi tiga bek, di babak kedua dia mengubah formasi Persik menjadi 4-3-3 dengan mengandalkan O.K. John dan Arthur Felix sebagai tembok pertahanan. ”Kami akan lakukan evaluasi. Kami akan berbicara kepada pemain secepatnya,” tegasnya.

Sementara itu, kemenangan PSIS sangat spesial. Selain mempertahankan rekor belum pernah kalah, kemenangan tersebut merupakan tiga poin pertama bagi pelatih barunya, Ian Andrew Gillan. Andrew kemarin melakoni debutnya di BRI Liga 1 2021–2022.

Andrew merasa senang dengan debut manisnya. Apalagi, dia melihat permainan anak asuhnya yang didominasi pemain muda sangat luar biasa. ”Mereka semua tampil penuh energi dan mengikuti instruksi saya,” ungkapnya.

Andrew sangat optimistis bersama PSIS. Dia merasa semua elemen dalam tim punya semangat yang sama untuk meraih hasil terbaik di seri kedua. ”Saya bahagia dengan tim ini,” tandasnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : rid/c14/bas



Close Ads