alexametrics
Liga 1 2019

Tanpa Alex saat Jamu Arema, Persela Terpaksa Jadikan Rafinha Striker

17 September 2019, 12:00:31 WIB

JawaPos.com – Nil Maizar menyebutkan, tanpa Alex Dos Santos Goncalves, kekuatan Persela Lamongan berkurang 20 persen. Situasi itu pula yang akan dihadapi pelatih Persela tersebut bersama timnya saat menjamu Arema FC, Jumat mendatang (20/9). Nil pun berusaha menemukan komposisi penyerang yang menggigit ketika Alex tak bisa tampil kembali.

’’Dalam waktu tersisa ini kami akan coba beberapa opsi. Mungkin kami memainkan Rafinha (Rafael Oliviera, Red) sebagai striker,’’ kata Nil.

Persela Lamongan

Dalam daftar pemain di barisan penyerang yang dimiliki Persela saat ini, Rafinha memang yang paling mumpuni untuk ’’dipaksa’’ menjadi striker. Pemain 29 tahun tersebut tidak saja memiliki kecepatan, tapi juga bisa memainkan bola seperti Alex.

Naluri Rafinha untuk mencetak gol juga cukup tinggi. Sejauh ini, pemain yang biasa beroperasi di posisi sayap kiri itu sudah mencetak empat gol. Dengan catatan empat gol tersebut, Rafinha menempati posisi kedua di bawah Alex dalam daftar penyumbang gol terbanyak bagi Persela musim ini.

Dengan mendorong Rafinha sebagai striker, posisi sayap bisa diisi Sugeng Efendi dan Malik Risaldi. ’’Kami terus coba simulasikan dalam latihan. Pilihan lain, kami bisa menggeser Malik ke tengah,’’ terang Nil.

Jika Malik menggantikan peran Alex, tiga komposisi di depan akan diisi Sugeng, Malik, dan Rafinha. Atau bisa juga memainkan Hambali Tolib dan Rafinha di sayap untuk menemani Malik. Komposisi tersebut menjadi opsi paling ideal seiring melempemnya performa M. Ridwan kala Persela dijamu Persipura Jayapura, Minggu (15/9). Saat itu Ridwan begitu mudah kehilangan bola dan selalu kalah berduel dengan bek-bek Persipura.

Laskar Joko Tingkir –julukan Persela– pun tidak hanya tumpul. Namun, permainan mereka juga limbung. Persela seakan bingung mau berbuat apa ketika menyerang.

Di sisi lain, ketika Persela terus mencari komposisi di sektor penyerangan, kabar baik datang dari lini belakang. Demerson Bruno Costa yang sempat ditarik ke luar karena cedera saat melawan Persipura dipastikan tidak mengalami masalah serius. ’’Dari laporan dokter, Demerson tidak ada masalah. Hanya memar,’’ ujar Nil.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads