alexametrics
Liga 1 2019

Kalteng Putra Mengungsi ke Banjarmasin karena Kabut Asap Kahutla

17 September 2019, 10:00:45 WIB

JawaPos.com – Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (kahutla) yang kian pekat di Palangka Raya memaksa Kalteng Putra meninggalkan kandangnya. Sebelum away ke Lampung untuk melawan Perseru Badak Lampung FC pada 19 September, I Gede Sukadana dkk diungsikan sementara ke Banjarmasin. Hal tersebut dilakukan agar kondisi pemain tidak drop ketika bertanding di Lampung.

Manajer Kalteng Putra Sigit Wido menyatakan, langkah manajemen itu diambil karena kualitas udara sudah masuk level berbahaya. ”Kami meliburkan pemain untuk latihan kemarin (Minggu, 15/9, Red) karena asap yang kian parah,” ujarnya.

Kalteng Putra

Sigit menuturkan, tim dievakuasi ke Banjarmasin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya terkena penyakit gara-gara asap yang bisa membahayakan kondisi pemainnya. ”Untuk pemain yang sudah lama mungkin tidak begitu ada masalah. Tapi, yang baru-baru, juga pemain asing, tidak bagus buat mereka. Kasihan,” bebernya.

Sigit bersyukur laga Kalteng Putra selanjutnya adalah tandang ke Lampung. Timnya bisa sedikit menghirup udara segar di sana. ”Saya berharap sepulang away nanti kondisinya sudah membaik,” ujarnya.

Bagaimana kalau kondisi asap kian parah? Sigit menjelaskan, sejauh ini pihaknya masih belum memikirkan opsi untuk mencari kandang baru, pindah sementara dari Stadion Tuah Pahoe. ”Tapi, kami sudah memikirkan rencana-rencana kalau mengharuskan pindah kandang,” kata dia.

Opsi pertama untuk pindah ialah memakai Stadion 17 Mei atau Stadion Demang Lehman. Jarak yang tidak terlalu jauh dari Palangka Raya menjadi alasan stadion yang berada di Banjarmasin itu sebagai pilihan.

Opsi lainnya ialah mengungsi ke Jawa. Kota Bantul jadi opsi. Seperti diketahui, di awal musim Liga 1 Laskar Isen Mulang menggunakan Stadion Sultan Agung, Bantul, sebagai kandang. Saat itu Stadion Tuah Pahoe sedang direnovasi.

Sementara itu, Public Relation Manager PT LIB Hanif Marjuni mengatakan, sejauh ini Kalteng Putra belum mengusulkan untuk pindah kandang. Artinya, surat pengajuan untuk hal tersebut belum masuk ke PT LIB. ”Tapi, kami juga terus memantau. Yang jelas, keselamatan pemain dan tim jadi perhatian kami,” tuturnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : rid/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads