alexametrics
Liga 1 2019

Izin Kerja Pikal Belum Turun, Kapan Rield Datang ke Persebaya?

17 September 2019, 17:00:44 WIB

JawaPos.com – Manajemen Persebaya mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan Alfred Riedl sebagai pelatih pada 23 Agustus. Namun, hingga detik ini, atau lebih dari tiga pekan, belum ada kepastian kapan pelatih berusia 69 tahun asal Austria itu mendarat di Surabaya.

Asisten pelatih Wolfgang Pikal yang ’’satu paket’’ dengan Riedl pernah menyatakan bahwa mantan pelatih timnas Indonesia itu akan terbang ke Surabaya pada 20 September. Tapi, saat kembali dimintai konfirmasi, Pikal malah tak berani memastikan. ’’Komunikasi terakhir katanya berangkat tanggal 20 September. Tapi, coba tanya ke agennya. Dia lebih tahu daripada saya,’’ ujar Pikal.

Persebaya Surabaya

Hal itu membuat posisi pelatih Persebaya diselimuti tanda tanya. Apalagi, manajemen belum memastikan kapan Riedl tiba.

Bukan hanya soal kedatangan Alfred Riedl yang masih ’’gelap’’. Hingga hari ini, Wolfgang Pikal ternyata juga belum mendapat izin dari Kementerian Ketenagakerjaan. Hal itu membuatnya belum bisa mendampingi tim dari pinggir lapangan saat pertandingan.

Kapan izin untuk Pikal keluar? Manajemen masih bungkam. Sementara itu, Pikal juga bingung. Dia belum berani memastikan apakah izin itu keluar sebelum laga kontra PSIS (20/9). ’’Saya belum tahu. Masih ada waktu beberapa hari lagi. Saya jelas ingin (berada di bench). Tapi, saya harus melihat situasinya bagaimana,’’ terang pelatih 51 tahun itu.

Kalaupun kembali absen di bench, dia mengaku tak masalah. Sebab, masih ada asisten lainnya, Bejo Sugiantoro. ’’Dia (Bejo) juga sudah pengalaman. Sudah setiap hari bersama tim. Jadi, dia harus jalankan instruksi dari bangku cadangan,’’ terang pelatih berdarah Austria tersebut. Hal itu sudah dilakukan Bejo saat Pikal hanya duduk di bangku VVIP dalam laga kontra Kalteng Putra (13/9).

Kabar baiknya, berbeda dengan Pikal, izin untuk Aryn Williams sudah diterbitkan Kementerian Ketenagakerjaan. Hal itu membuatnya bisa dimainkan saat Persebaya Surabaya bersua PSIS Semarang (20/9).

’’Saya ingin menunjukkan kemampuan dan saya harap bisa membantu tim meraih kemenangan,’’ kata gelandang asal Australia tersebut.

Sementara itu, kemarin menjadi deadline bursa transfer. Manajemen Persebaya dikabarkan berkomunikasi dengan pemain asing. Pikal tak menampik hal itu. ’’Masih ada beberapa pemain yang coba kami bawa ke sini. Manajemen sudah berusaha keras. Kita lihat besok (hari ini),’’ tegas Pikal.

Beberapa nama dikaitkan dengan Green Force. Salah satunya gelandang asal Argentina Jose Sardon. Selain itu, ada kabar bahwa Persebaya mendekati gelandang Kalteng Putra Diogo Campos. Akhirnya Campos yang dipastikan bergabung hari ini.

Kendala transfer adalah status Otavio Dutra. Hingga kemarin, naturalisasinya belum juga rampung. Padahal, dia tengah berada di Jakarta. Tapi, hingga hari ini, Dutra masih tercatat sebagai warga negara Brasil. ’’Kalau Dutra belum naturalisasi, ya tidak ada pemain asing baru. Karena slotnya kan hanya tiga plus satu,’’ terang Pikal. Di sisi lain, soal pemain trial Godstime Ouseloka, belum ada keputusan. ’’Kami harus bahas dulu dengan Bejo dan manajemen,’’ kata Pikal.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads