alexametrics

Menyoal Hilangnya Duet Riko Simanjuntak-Marko Simic di Persija

17 Mei 2022, 17:45:44 WIB

JawaPos.com-Kolaborasi Riko Simanjuntak dan Marko Simic menjadi senjata andalan Persija Jakarta sejak musim 2018. Sudah banyak umpan Riko yang berhasil dikonversi Simic menjadi gol. Namun, mulai musim depan, duet keduanya tidak akan terlihat lagi.

—Taufiq Ardyansyah, Jakarta—

’’Kami sudah berusaha mematikan pergerakan Marko Simic dan Riko Simanjuntak. Namun, gawang kami tetap kebobolan.’’

Itulah pernyataan pelatih Johor Darul Ta’zim (JDT) saat itu, Raul Aizpun, setelah timnya dikalahkan Persija Jakarta pada matchday kelima grup H AFC Cup 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 11 April 2018.

Dalam pertandingan tersebut, Simic memborong empat gol kemenangan Persija atas JDT. Satu dari empat gol Super Simic tercipta berkat assist Riko. Duet Riko-Simic memang sudah masyhur.

Bahkan, di Liga Indonesia, banyak pelatih yang menyimpulkan cara mengatasi Macan Kemayoran –julukan Persija– adalah mematikan Riko. Jika Riko sulit bergerak, Simic pasti tumpul.

Chemistry antara saya dan Simic memang sudah sangat baik. Kami membangun chemistry di dalam dan luar lapangan,” tutur Riko, pemain asal Pematangsiantar, Sumatera Utara, tersebut.

Namun, duet mematikan milik Persija itu dipastikan tidak akan terlihat lagi musim depan. Simic memutuskan pergi dari klub pertama yang dibelanya di Indonesia itu. Padahal, striker asal Kroasia tersebut masih memiliki kontrak dengan Persija sampai akhir musim 2023.

Kepergian Simic tentu membuat Riko sangat terpukul. Mantan pemain PSMS Medan dan Persegres Gresik United itu kehilangan tandem sejatinya di lini depan. Namun, ada yang membuat Riko lebih sedih.

Yakni, Simic meninggalkan Persija dengan cara yang tidak semestinya. Dia speak up di media sosial bahwa gajinya tidak dibayarkan Persija selama setahun. Di sisi lain, manajemen Persija membantah tuduhan Simic. Manajemen mengklaim gaji Simic selalu dibayarkan.

Riko mengaku kaget dengan pernyataan Simic. Dia sama sekali tidak tahu. Namun, sebagai sahabat, mantan pemain Semen Padang itu tidak ingin Simic berlama-lama berkonflik dengan Macan Kemayoran.

”Saya mendoakan agar perselisihan ini cepat selesai. Semoga Persija dan Simic segera menemukan solusi terbaik,” ucap pemain yang mendapat julukan Si Kancil tersebut.

Riko kini sudah mengikhlaskan kepergian Simic. Meski, hal itu terasa sangat berat.

”Namun, pada akhirnya, saya harus menyadari bahwa dalam sepak bola profesional, kedatangan dan kepergian pemain merupakan suatu hal yang wajar. Hal itu harus saya hadapi,” tegas pemain berposisi winger tersebut.

Meski sudah tidak bersama-sama di Persija, Riko mengaku masih sering berkomunikasi dengan mantan penyerang Melaka United itu. Riko juga mendoakan Simic bisa segera mendapatkan klub baru.

”Kami sama-sama saling mendoakan agar memiliki masa depan yang lebih baik. Komunikasi tidak boleh terputus meski saya dan Simic sudah berbeda klub,” ucapnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads