alexametrics
Piala Gubernur Jatim 2020

Hati-Hati Arema FC, Persebaya Makin Garang saat Main Tempat Netral

17 Februari 2020, 17:00:15 WIB

JawaPos.com – Laga kontra Arema FC seharusnya jadi ujian mental sesungguhnya bagi skuad Persebaya sebelum bertanding di kompetisi resmi musim 2020. Sebab, awalnya, laga itu akan dihelat di kandang Arema FC. Yakni, Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Namun, hal itu urung terjadi. Sebab, venue laga babak semifinal Piala Gubernur Jatim (PGJ) 2020 akhirnya dipindah. Karena alasan keamanan, pertandingan bakal digelar di Stadion Soeprijadi, Kota Blitar (18/2). Laga itu juga berstatus tanpa penonton.

Persebaya Surabaya

Bagi Persebaya, kondisi tersebut menguntungkan. Apalagi, Green Force –julukan Persebaya– adalah tim yang sudah sangat terbiasa bermain di tempat netral. Di Piala Indonesia 2018–2019 saja, dua kali Persebaya bermain di tempat netral. Yakni, saat melawan PSBK Blitar dan Persinga Ngawi. Dua laga itu dihelat di Stadion Bumimoro AAL, Surabaya.

Dalam dua laga tersebut, Persebaya selalu menang besar. Menggasak PSBK 14-0 dan menang 8-0 atas Persinga. Nah, kebetulan, laga pemungkas Persebaya di tempat netral terjadi kala bersua Singo Edan –julukan Arema FC– 12 Desember tahun lalu. Dalam laga di Stadion Batakan, Balikpapan, itu Green Force mampu menggulung Arema FC dengan skor skor 4-1.

Meski begitu, pelatih Persebaya Aji Santoso tak mau berpatokan pada statistik itu. ”Apalagi, komposisi pemain dan pelatih Arema FC kan sekarang beda dengan musim lalu,” kata pelatih 49 tahun itu kepada Jawa Pos. Saat ini pelatih Arema FC adalah Mario Gomez. Kebetulan, sepanjang musim lalu, Aji belum pernah bertemu dengan pelatih dari Argentina tersebut.

Karena itu, Aji yakin bahwa laga yang mempertemukan kedua tim bakal sangat seru. ”Saya ingin menunjukkan yang terbaik dalam laga melawan Arema FC meski masih di pramusim,” tambah mantan pelatih Persela Lamongan tersebut. Sayang, Green Force tak bisa tampil full team. Dua pemain asingnya dipastikan absen. Aryn Williams mengalami cedera di bagian engkel dalam laga kontra Madura United (14/2). ”Setidaknya butuh satu pekan bagi Aryn untuk sembuh,” tambah Aji.

Selain itu, Mahmoud Eid belum fit. Pemain berpaspor Palestina itu masih dibekap cedera hamstring. Belum lagi Irfan Jaya yang masih kurang fit. Untung, Irfan sempat ikut berlatih ringan di lapangan Polda Jatim kemarin pagi. Aji berharap Irfan bisa diturunkan. ”Saya akan lihat sampai besok kondisinya seperti apa,” kata mantan bek kiri Persebaya itu.

Arema FC

Untung, ada pemain yang mulai pulih dari cedera. Nasir yang sebelumnya mengeluhkan hamstring kini sudah fit. ”Sudah 90 persen. Sudah nggak terlalu sakit. Saya siap kalau diturunkan lawan Arema FC,” kata pemain dari Tuban tersebut. Artinya, kemungkinan Nasir untuk turun cukup besar. Apalagi, posisi bek sayap hanya menyisakan Abu Rizal dan Nasir. Rachmat Irianto dan Koko Ari Araya absen lantaran bergabung dengan timnas.

Bagi Nasir, laga kontra Arema FC sangat istimewa. Selain bakal melakoni debut, dia akan melawan mantan timnya. Musim lalu pemain 24 tahun itu memang masih berseragam Singo Edan. Apalagi, dia akan bertemu teman karibnya, Ridwan Tawainella. ”Saya masih sering komunikasi dengan Ridwan. Saya sangat akrab karena dia teman satu kamar waktu di Arema dulu,” jelas Nasir. Tapi, Nasir memastikan bakal menepikan nostalgia. ”Kalau saya dikasih kesempatan debut lawan Arema, saya akan maksimalkan kesempatan itu,” tegasnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads